Jembatan Suramadu Didominasi Roda Dua yang Melintas Menuju Surabaya

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 13 Mei 2021 19:54 WIB
Jembatan Suramadu Didominasi Kendaraan yang Melintas menuju Surabaya
Suramadu menuju Surabaya ramai pengguna jalan (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Hari pertama Lebaran 2021, jalur Jembatan Suramadu dari arah Bangkalan menuju Surabaya ramai. Kendaraan roda dua mendominasi menuju Surabaya.

Dari pantauan detikcom, mulai pukul 17.45 WIB tidak ada petugas di pos penyekatan. Baik dari arah ke Madura maupun ke Surabaya. Warga yang melintas pun tak ada rasa was-was dan khawatir untuk dihentikan atau diputar balikkan meski ada larangan mudik 2021.

Salah satu pengendara dari Pegirian, Surabaya, Ahmad Rifai yang melakukan perjalanan ke Bangkalan, Madura, mengaku dia sengaja pulang pergi (PP) ke Madura untuk berkunjung ke keluarganya.

"Unjung-unjung dari pagi jam 09.00, PP langsung. Ini mau pulang ke Pegirian," kata Rifai yang istirahat sejenak di pinggir jalan menuju arah ke Surabaya, Kamis (13/5/2021).

Saat berangkat hingga pulang, Rifai mengatakan tidak ada petugas yang melakukan pengecekan. Dia dan pengendara lainnya bebas melintas di tol Jembatan Suramadu.

"Nggak ada polisi, namanya manusia capek jaga terus. Nggak ada diperiksa, mau pulang ya bebas, nggak ada penjaga. Ini langsung pulang, hanya ke beberapa keluarga saja. Nggak nginep," jelasnya.

Sementara Nur Alfa warga Benowo, Surabaya sengaja mudik ke Sampang, Madura sejak Rabu (12/5). Ia nekat pulang meski ada larangan mudik untuk merayakan Lebaran 2021 di kampung halaman bertemu sanak saudara. Apalagi dirinya bisa berziarah.

"Mudik dari kemaren sore. Ini mau pulang ke Benowo. Nggak ada yang jaga. Iya memang mau pulang karena lebaran, nyekar sama unjung-unjung sekalian. Cuman sehari, sekalian," pungkasnya.

(hil/fat)