Hari Pertama Lebaran 2021, Tempat Wisata di Pacitan Masih Sepi

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Kamis, 13 Mei 2021 17:36 WIB
Wisata susur Sungai Maron berangkat dari Pantai Ngiroboyo
Wisata susur Sungai Maron Pacitan (Foto: Purwo Sumodiharjo/detikcom)
Pacitan -

Hari pertama Lebaran 2021 geliat pariwisata di Kota 1001 Gua belum terasa. Bahkan beberapa tempat wisata masih tutup. Kalaupun ada obyek wisata yang buka kunjungan wisatawan relatif sepi.

Salah satu destinasi wisata yang belum menerima kunjungan adalah Pantai Pidakan. Pengelola sengaja menutup portal bersamaan Idul Fitri. Obyek di Desa Jetak Kecamatan Tulakan itu baru buka, Jumat (14/5/2021).

"Hari ini belum buka. Mulai besok (buka). Hadir ya," tulis pengelola Pantai Pidakan, Slamet melalui pesan Whatsapp, Kamis (13/5/2021).

Adapun di obyek wisata yang sudah buka, kunjungan wisatawan pun masih lesu. Ini seperti terjadi di Pantai Ngiroboyo. Lokasi yang merupakan muara Sungai Maron itu memang sengaja dibuka saat lebaran 2021.

Hanya saja, menurut pengelola bernama Wildan Nur Swi Harmoko jumlah kunjungan dalam sehari tak lebih 100 orang. Itu pun merupakan wisatawan lokal. Wildan menduga hal itu berkaitan dengan larangan mudik.

"Kalau nggak ada pembatasan mudik biasanya hari pertama lebaran sudah ramai dipenuhi pemudik lokal," ucap Wildan berbincang dengan detikcom.

Dia pun membandingkan dengan libur lebaran tahun sebelumnya. Kala itu dunia sudah mulai dilanda pandemi. Dampaknya sektor pariwisata pun kena imbas. Pantai Ngiroboyo hanya dikunjungi ratusan orang saja.

Hal itu berbanding terbalik dengan tahun 2019 saat kondisi masih normal. Kala itu, lanjut Wildan, selama sepekan libur lebaran angka kunjungan menembus 1.000 orang.

"Sabtu Minggu ini mudah-mudahan ramai. Insya Allah," harapnya.

(fat/fat)