Khofifah Nilai Salat Id Selama 30 Menit di Masjid Al-Akbar Sesuai Prokes

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 13 Mei 2021 08:30 WIB
Potret Salat Id di Masjid Al-Akbar Surabaya Bersama Gubernur Khofifah
Salat Id di Masjid Al Akbar Surabaya (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi pelaksanaan Salat Id di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. Pasalnya, salat Id berjalan sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat. Bahkan pada takbir hingga khotbah tidak lebih dari waktu yang telah ditentukan.

"Artinya, upaya untuk bisa menjalankan salat Id dengan khusyuk dan khidmat dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, tanpa mengurangi kekhusyukan dan kekhidmatan. InsyaAllah sudah dapat dilaksanakan di Masjid Nasional Al-Akbar," kata Khofifah kepada wartawan di Masjid Al-Akbar, Kamis (13/5/2021).

"Kalau dari awal diperkirakan proses dari mulai salat, khotbah, dan takbir pertama diharapkan 30 menit, saya rasa tadi 27 menit. Khotbah diharapkan 10 menit, tadi kurang dari 9 menit," tambahnya.

Sebelum pelaksanaan salat Id, sebelumnya Khofifah sudah menerima beberapa angle video kedatangan jemaah yang dikirim oleh petugas pukul 04.45 WIB. Sebelum tiba, Khofifah sudah mendapat persiapan salat Id di Masjid Nasional Al-Akbar yang telah memenuhi protokol kesehatan.

Untuk menghindari kerumunan saat kepulangan, Khofifah sempat berpesan kepada petugas untuk memandu shaf. Shaf paling belakang bisa meninggalkan tempat terlebih dahulu, kemudian disusul shaf berikutnya.

Kemudian, para jamaah juga diberi kantong plastik untuk membungkus alas kaki, lalu ditaruh di tempat shaf masing-masing. Hal ini juga bisa mengurai kerumunan pada saat setelah salat dan mencari sandal atau sepatu.

Selanjutnya
Halaman
1 2