Penyelundupan Sabu Dalam Tahu Goreng ke Lapas Probolinggo Digagalkan

M Rofiq - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 22:48 WIB
penyelundupan sabu ke lapas probolinggo
4 Orang yang terlibat penyelundupan sabu di Lapas Probolinggo (Foto: M Rofiq)
Probolinggo -

Penyelundupan sabu ke Lapas klas 2B Kota Probolinggo digagalkan. Sabu tersebut diselundupkan lewat tahu goreng. Tahu tersebut dikirim untuk takjil buka puasa.

"Tadi sore ada perempuan asal Pasuruan menjenguk salah satu napi kasus perampokan. Alasannya ngantar takjil dan makanan lebaran. Setelah digeledah di semua makanan, petugas curiga di tahu goreng yang dibawa. setelah dibelah, ternyata ada bungkusan plastik di dalamnya diduga kuat sabu" ujar Kalapas Kelas 2B Kota Probolinggo, Risman Somantri, saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (12/5/2021).

Perempuan itu berinisial S. S akan memberikan makanan tersebut untuk napi berinisial N. Temuan diudga sabu itu kemudian dilaporkan ke polisi.

penyelundupan sabu ke lapas probolinggoFoto: M Rofiq

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap S, petugas langsung mengamankan N dan mengembang ke rekan N yang juga Napi berinisial I. Mereka berdua sama-sama napi pindahan dari Lapas Pasuruan. Turut diamankan pula satu driver ojek yang mengantar S sampai ke Lapas Kota Probolinggo.

Keempat orang langsung dibawa ke kantor polisi untuk pemeriksaan dan penyelidikan untuk mengetahui keterlibatan semua dan asal usul barang haram ini.

"Kita serahkan temuan diduga sabu polisi. Kami imbau jangan coba-coba mengirim barang terlarang di Lapas Probolinggo, karena penjagaan super ketat dan sistem keamanan eletroniknya juga diperbarui semuanya. Jika tertangkap akan kita proses hukum yang berlaku," jelas Risman.

"Dengan pengawalan ketat petugas, keempat orang langsung kita bawa ke ruangan pemeriksaan di Satreskoba, untuk pemeriksaan dan lidik, untuk kepastian itu sabu, besok kita kirim ke Labfor Polda Jatim," kata Kasat Narkoba Polres Probolinggo Kota AKP Suharsono.

(iwd/iwd)