TPU di Surabaya Tetap Buka, Warga Bisa Ziarah Tetap dengan Prokes

Hilda Meilisa - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 21:28 WIB
tpu rangkah
Tempat Pemakaman Umum Rangkah Surabaya (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Tak seperti Jakarta yang meniadakan ziarah kubur selama lebaran, Surabaya tetap mengizinkan warganya berziarah. Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Surabaya tetap dibuka dan dikunjungi warga yang ingin berziarah.

Dari pantauan detikcom, di Makam Rangkah, Jalan Kenjeran tak terlihat ramai. Masih belum banyak warga yang berdatangan untuk berziarah. Penjual bunga di pinggir jalan pun tidak dipadati pembeli.

Plt Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya Anna Fajriatin mengatakan, jika TPU di Surabaya tetap dibuka untuk masyarakat yang hendak berziarah. Tetapi syaratnya tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Tetap buka. Sekiranya kami juga mengimbau semua harus taat pada protokol kesehatan," kata Anna saat dihubungi detikcom, Rabu (12/5/2021).

Pihaknya bersama dengan Satgas COVID-19 Kota surabaya juga berkeliling. Mereka berkeliling memantau protokol kesehatan dijalankan dengan baik oleh masyarakat.

"Teman satgas dan kita keliling. Ada petugas yang disiapkan untuk menjaga dan memantau agar tetap menjalankan protokol kesehatan," jelasnya.

Anna mengatakan pihaknya bersama petugas Satgas COVID-19 Surabaya akan memantau TPU hingga hari kedua lebaran. Sebab, mulai hari ini hingga dua hari ke depan banyak peziarah yang datang ke makam.

"Mulai hari ini sampai dengan lebaran kedua dan seterusnya tetap kami pantau protokol kesehatannya, kami jaga. Baik taman dan makam," pungkasnya.

(hil/iwd)