Baharkam Polri Sebut Mudik 2021 Jaga Masyarakat dari Tsunami COVID-19

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 17:57 WIB
Mudik Tahun ini Beda Dari Tahun Sebelumnya
Foto: Ardian Fanani
Surabaya -

Operasi Ketupat lebaran 2021 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya, polisi berupaya mengamankan dan melancarkan mudik. Tahun ini, polisi menghalau pemudik pulang kampung.

Hal ini disampaikan Kepala Korps Sabhara Baharkam Polri Irjen Nanang Avianto saat mengecek posko check point penyekatan di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Selasa (11/5/2021).

"Kita minta masyarakat patuh terhadap kebijakan pemerintah. Ini agar COVID-19 tidak kembali meningkat," ujarnya kepada detikcom.

Menurutnya, yang membedakan Operasi Ketupat tahun ini, jika sebelumnya mengamankan orang mudik, namun sekarang kita memastikan masyarakat tetap di rumah saja dan menjaga protokol kesehatan.

"Dan itu yang harus kita sampaikan pada masyarakat agar mau menerima imbauan pemerintah supaya tidak seperti negara yang terjangkit oleh COVID-19 yang mutasi baru," bebernya.

Dia menjelaskan tsunami COVID-19 yang terjadi di beberapa negara membuat situasi mencekam dan menimbulkan korban yang sangat banyak. Tentunya tidak ada yang mengingingkan hal itu terjadi di negeri kita.

"Ayo mari disiplin pada protokol kesehatan, tidak perlu mudik, kita di rumah saja saling jaga saling mengingatkan semuanya," ajaknya.

Dia menambahkan, dari beberapa lokasi penyekatan yang dilakukan menurutnya sudah dilakukan dengan baik. Petugas juga sudah mengetahui pola mudik sembunyi-sembunyi yang dilakukan warga termasuk waktu-waktu yang dipilih untuk mudik.

Menurutnya, petugas sudah memiliki protap untuk menghentikan dan memberikan warga yang nekat mudik termasuk memeriksa kelengkapan seperti surat izin jalan, surat keterangan bebas COVID-19. Ini dilakukan agar yang bersangkutan tidak menjangkitkan ke tempat lain.

"Rata-rata masyarakat sudah menunjukkan kedisplinannya. Kalau ada yang terjadi itu persentase yang sangat kecil. Karena tujuan kita persentase besar menyelamatkan masyarakat supaya terhindar dari COVID-19," ujarnya.

Polisi berpangkat bintang dua ini sempat naik ke salah satu kapal penyeberangan untuk mengecek langsung angkutan yang menghubungkan Jawa dengan Bali itu. "Kita supervisi Operasi Ketupat 2021," pungkasnya.

(fat/fat)