Kecanduan Game Online, Bocah SMP di Sidoarjo Bakar Rumah Tetangga

Suparno - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 17:49 WIB
Sebuah rumah di kawasan Perum Citra Santoso Mandiri (CSM) di Desa Sidodadi Kecamatan Candi Sidoarjo terbakar. Kebakaran itu diduga dilakukan oleh bocah yang masih SMP. Gegara sering dimarahi oleh orang tuanya karena sering main game.
Rumah yang terbakar di Sidoarjo/Foto: Istimewa
Sidoarjo - Bocah SMP di Sidoarjo nekat membakar rumah tetangga. Ia membakar rumah tetangga sebagai pelampiasan karena sering dimarahi orang tuanya setelah kecanduan game online.

Kebakaran terjadi pada Sabtu (8/5) petang. Rumah yang terbakar dalam kondisi kosong. Pemilik rumah sedang buka bersama (bukber) di tempat lain.

Kapolsek Candi Kompol Yulie Krisna mengatakan, rumah yang terbakar berada di Perum Citra Santoso Mandiri (CSM), di Desa Sidodadi, Kecamatan Candi. Rumah tersebut milik Andrian Ashrianto.

"Dari keterangan saksi-saksi warga sekitar peristiwa kebakaran pertama kali diketahui oleh warga. Yang melihat ada asap yang bersumber dari rumah tersebut. Warga sekitar kemudian melihat AFS (15) berada di dalam rumah," kata Yulie saat dihubungi detikcom, Senin (10/5/2021).

Yulie menjelaskan, untuk memadamkan kebakaran tersebut, dua mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi. Kebakaran padam sekitar pukul 19.30 WIB. AFS merupakan seorang remaja pria yang diduga menjadi penyebab rumah tersebut terbakar.

Rumah tersebut mengalami kerusakan berat akibat kebakaran tersebut. "Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Kemudian kami mengamankan AFS ke Mapolsek Candi," jelas Julie.

Waktu itu puluhan warga Perum CSM mendatangi Mapolsek Candi. Agar tidak terjadi hal yang tidak dinginkan, AFS diserahkan ke Mapolresta Sidoarjo.

Saat di Mapolsek Candi, AFS belum mengaku sebagai pembakar rumah tetangganya itu. Informasi yang diperoleh, saat diminta keterangan oleh petugas dari Unit PPA Polresta Sidoarjo, pelaku sering bermain game online.

"Informasi yang kami peroleh dari Unit PPA bahwa pelaku itu sering dimarahi oleh ibunya lantaran sering main game online. Namun kami tidak mengetahui persis game online seperti apa," terang Yulie.

Saat kebakaran, ternyata AFS diketahui ada di dalam rumah yang terbakar. Rumah itu ludes terbakar diduga karena AFS membakar kasur di rumah itu. Ia membakar rumah tetangga diduga sebagai pelampiasan karena sering dimarahi orang tua karena main game online terus.

"Kemarin saat kejadian warga mengetahui bahwa anak tersebut di dalam rumah. Padahal rumah tersebut terkunci karena pemiliknya sedang keluar. Dia masuk dari mana warga juga tidak mengetahui," terang Yulie.

Lihat juga Video: Diduga Kecanduan Game Online, Bocah di Subang Meninggal Dunia

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)