Jejak Karier Cemerlang Bupati Nganjuk yang Tertangkap OTT KPK

Tim Detikcom - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 15:23 WIB
Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat
Foto: Istimewa (Dok Pemkab Nganjuk)
Surabaya -

KPK dan Bareskrim Mabes Polri melakukan operasi tangkap tangan (OTT) Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat. Sebelum menjabat bupati, Novi dikenal memiliki karir yang cemerlang sebagai pengusaha.

Novi disebut telah merintis usahanya sejak kelas 3 SMA. Di usianya yang ke-41 tahun, Novi telah memiliki 36 perusahaan dan 120 Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Novi juga memiliki tambang nikel dan batubara. Tak tanggung-tanggung, bupati kelahiran Nganjuk, 2 April 1980 itu telah memiliki 40 ribu karyawan.

Selepas lulus dari SMPN 1 Nganjuk, Novi menjad santri di Darul Ulum Peterongan Jombang. Di sinilah Novi bertemu Yuni Sophia, yang kini menjadi istrinya.

Novi disebut menjadi pengusaha karena terinspirasi dari ayahnya yang seorang pengusaha hasil bumi, ternak dan perdagangan. Saat kelas 3 SMA, Novi membeli plastik bekas dan dijual ke pabrik pengolahan biji plastik. Lalu, usahanya pun perlahan meningkat hingga memiliki beberapa perusahaan dan pegawai.

Saat hendak maju menjadi bupati, Novi juga mendapat dukungan penuh dari ribuan karyawannya. Hal ini turut meningkatkan popularitasnya hingga diincar PDIP dan PKB.

Tak hanya itu, Novi juga dikenal sebagai bupati yang gercep. Saat menjabat, Novi membangun sebuah kawasan industri seluas 600 hektare dengan 60 perusahaan di Nganjuk. Hal ini sekaligus mencuri momentum dibangunnya tol Surabaya-Jakarta yang melewati Nganjuk.

Namun, karir moncernya kini harus berakhir di tangan KPK. Minggu (9/5/2021) malam, Novi tertangkap tangan sedang melakukan dugaan suap jual beli jabatan. Kasus OTT Novi ini sekaligus menambah daftar baru Bupati Nganjuk yang ditangkap KPK setelah Bupati Taufiqurrahman kena OTT pada 2017 lalu.

Lihat juga Video: Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat Kena OTT KPK, Ini Profilnya!

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)