Masjid Ala Timur Tengah Berdiri Megah di Bumi Wali Tuban

Ainur Rofiq - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 12:00 WIB
Sebuah masjid berdiri megah di komplek Polres Tuban. Masjid ini terdiri dari 2 lantai dengan atap kubah berwarna kuning.
Masjid Baitul Mu'min/Foto: Ainur Rofiq/detikcom
Tuban -

Sebuah masjid berdiri megah di komplek Polres Tuban. Masjid ini terdiri dari 2 lantai dengan atap kubah berwarna kuning.

Masjid dengan ciri khas Timur Tengah ini interiornya menggunakan marmer serta hiasan kaligrafi. Masjid ini dalam kondisi normal diperkirakan mampu menampung hingga 700 jemaah. Atau sekitar 300 jemaah dengan memenuhi protokol kesehatan saat pandemi COVID-19.

Masjid ini dibangun berdasarkan gagasan AKBP Ruruh Wicaksono selaku Kapolres Tuban. Ruruh menuturkan, pembangunan masjid ini dilakukan karena kondisi masjid lama yang kurang memadai.

Masjid lama sudah 15 tahun berdiri dan hanya mampu menampung 80 jemaah. Karena hanya seluas 16x16 meter.

"Ide pembangunan masjid ini pertama kali muncul ketika saya salat di masjid yang lama. Seketika saya terpanggil untuk membangun masjid, mohon maaf karena masjid lama itu tempat wudunya ada tapi toiletnya tidak ada. Kapasitasnya juga terbatas," tutur Ruruh saat dikonfirmasi, Senin (10/5).

"Ini bukan dalam rangka berlomba membangun masjid yang megah, melainkan bagaimana nantinya kita dapat memakmurkan dengan memanfaatkan untuk sarana beribadah. Baik wajib maupun sunah serta kegiatan keagamaan lainnya," imbuhnya.

Sebuah masjid berdiri megah di komplek Polres Tuban. Masjid ini terdiri dari 2 lantai dengan atap kubah berwarna kuning.Masjid Baitul Mu'min/ Foto: Ainur Rofiq/detikcom

Proses pembangunan masjid membutuhkan waktu sekitar 8 bulan. Peletakan batu pertama pada pertengahan Bulan Agustus 2020, kini sudah bisa digunakan.

Kapolres berharap, Masjid Baitul Mu'min ini dapat menumbuhkan motivasi para anggota Polres Tuban, untuk lebih taat beribadah, serta dijadikan sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

"Mudah-mudahan dengan diresmikan masjid malam ini menjadi berkah untuk kita semua. Terutama kami keluarga besar Polres Tuban. Dan semoga masjid ini dapat mendorong segenap personel Polres Tuban untuk lebih taat beribadah, serta semakin meningkatkan kualitas iman dan taqwa kepada Allah SWT," lanjutnya.

Masjid Baitul Mu'min ini juga bisa digunakan oleh masyarakat atau jemaah dari luar Polres untuk melaksanakan ibadah. Sudah disiapkan pintu di sebelah masjid.

"Pesan kami tolong siapa pun nanti pemimpinnya, dirawat dan dijaga dengan betul karena ini usaha kita semua," paparnya.

Usai diresmikan, Masjid Baitul Mu'min langsung digunakan untuk melaksanakan salat magrib berjemaah dan dilanjutkan salat isya hingga tarawih.

(sun/bdh)