Warga Lumajang Tangkap Ular Sanca 3,5 Meter Pemangsa Ternak Ayam

Nur Hadi Wicaksono - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 16:57 WIB
ular sanca di lumajang
Sanca 3,5 meter yang ditangkap warga (Foto: Nur Hadi Wicaksono)
Lumajang -

Seekor ular sanca ditangkap warga kelurahan Citrodiwangsan, Lumajang. Ular tersebut bertanggung jawab atas hilangnya sejumlah ayam warga selama ini.

Ular Sanca tersebut ditangkap oleh Lubi (50) beserta tiga warga kelurahan setempat lainnya di sungai Asem yang berada di depan rumahnya. Ular tersebut ditangkap di sungai Asem usai memangsa ayam warga.

Ular dengan bahasa latin Phyton Reticulatus tersebut memiliki panjang tiga setengah meter. Belum diketahui secara pasti asal ular sanca tersebut. Namun, kejadian penangkapan ular sanca ini baru pertama kali ini terjadi.

"Saya pas melihat ke sungai Asem tiba tiba ada ular sanca memangsa ayam. Saya kemudian turun ke sungai bersama tiga warga lainnya dan akhirnya berhasil menangkap ular tersebut " ujar Lubi kepada detikcom Minggu (9/5/2021).

Meski ular sanca sempat melawan saat ditangkap, namun akhirnya ular tersebut berhasil diamankan warga. Warga kelurahan Citrodiwangsan berbondong bondong mendatangi rumah Lubi untuk melihat dari dekat ular sanca kembang yang baru saja ditangkap.

Rencananya sanca kembang ini akan dijual kepada kolektor ular. Karena jika kembali dilepas liarkan dikhawatirkan sanca ini akan kembali ke permukiman dan memangsa ternak warga.

"Rencananya ular ini akan saya jual kalau ada kolektor ular yang berminat untuk membelinya " pungkas Lubi.

(iwd/iwd)