Polisi Rapid Tes Antigen Bagi Sopir Logistik di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 07 Mei 2021 20:43 WIB
sopir logistik dites antigen
Salah satu sopir logistik dites antigen (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Polisi menggelar rapid test antigen di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Bukan untuk pemudik, namun untuk sopir kendaraan logistik yang melakukan penyeberangan Jawa Bali.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk antisipasi penyebaran COVID-19. Meski tak ada pemudik yang melakukan penyeberangan, namun sopir logistik juga perlu diwaspadai.

"Kita lakukan random sampling ya. Sopir yang mau masuk ke Jawa kita rapid test antigen," ujar Arman kepada detikcom saat ditemui di check point Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Jumat sore (7/5/2021).

Hasilnya, dari sekitar 100 sopir kendaraan logistik dinyatakan negatif COVID-19. Mereka pun dipersilahkan melanjutkan perjalanan ke beberapa kota di Jawa.

"Yang negatif langsung kita minta melanjutkan perjalanan. Sementara jika ditemukan ada yang positif ya kita siapkan Gedung Diklat PNS di Licin untuk di karantina," tambahnya.

Kegiatan ini bakal terus digelar mulai tanggal 7 hingga 17 Mei mendatang.

"Lima hari ke depan kita sediakan 500 pax rapid test antigen. Terus kita lakukan hingga tanggal 17 Mei akan datang," pungkasnya.

Terhitung mulai tanggal 6 hingga 17 Mei 2021, Polresta Banyuwangi mulai melakukan penyekatan di ruas-ruas jalan sebagai langkah penerapan larangan mudik. Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi menjadi prioritas penyekatan di Banyuwangi.

(iwd/iwd)