Penyekatan Larangan Mudik di Bundaran Cito, Puluhan Kendaraan Putar Balik

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 07:38 WIB
Penyekatan terkait larangan mudik mulai diberlakukan di Surabaya sejak pukul 00.00 WIB. Akses masuk ke Kota Pahlawan diperketat.
Penyekatan terkait larangan mudik di Bundaran Cito/Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom
Surabaya -

Penyekatan terkait larangan mudik mulai diberlakukan di Surabaya sejak pukul 00.00 WIB. Akses masuk ke Kota Pahlawan diperketat.

Salah satu titik penyekatan yang dipantau detikcom yakni di Bundaran Cito. Penyekatan dilakukan oleh petugas gabungan dari polisi, Dishub, Linmas dan Satpol PP.

Ada dua jalur penyekatan di Bundaran Cito, yakni untuk kendaraan roda dua dan empat. Penyekatan untuk kendaraan roda dua terdiri dari tiga lajur. Sedangkan untuk kendaraan roda empat dijadikan satu lajur.

Di jalur khusus roda dua, kendaraan yang bukan pelat L diminta kelengkapan surat-surat kendaraan dan identitas diri. Bagi yang tidak bisa menunjukkan SIKM (surat izin keluar masuk) langsung putar balik. Atau kendaraan yang di luar pelat L yang membawa barang-barang bawaan banyak seperti tas dan barang lainnya langsung diminta putar balik juga.

Hal yang sama juga dilakukan di jalur khusus kendaraan roda empat. Tidak hanya itu, petugas juga memeriksa truk-truk dan juga mobil boks yang dianggap mencurigakan.

Wakasat Lantas Polrestabes Surabaya Kompol Ari Galang Saputro mengatakan, dalam Operasi Ketupat Semeru 2021 dengan melakukan penyekatan di Bundaran Cito, ada puluhan kendaraan roda empat dan roda dua yang akhirnya putar balik.

"Anggota kita gabungan dari instansi di Kota Surabaya, sedang melakukan penyekatan, pembatasan kepada warga masyarakat di luar Kota Surabaya, maupun di rayon di luar Kota Surabaya. Utamanya larangan untuk tidak mudik," kata Galang kepada wartawan di Bundaran Cito, Kamis (6/5/2021).

Galang menambahkan, bagi pengendara yang tidak bisa menunjukkan surat keterangan kerja yang jelas dan SIKM, tidak diperkenankan masuk Kota Surabaya. Sedangkan yang bisa menunjukkan surat keterangan yang ditentukan diperbolehkan masuk.

Simak video 'Tol Japek Sempat Macet 6 KM Akibat Penyekatan':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2