Sehari Sebelum Mudik Dilarang, Perbatasan Jatim-Jateng di Pacitan Sepi

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 16:32 WIB
mudik di pacitan
Check point di Pacitan (Foto: Purwo Sumodiharjo)
Pacitan -

Sehari jelang pemberlakuan larangan mudik, perbatasan Jatim-Jateng masih lengang. Arus lalu lintas masih normal. Belum tampak adanya lonjakan jumlah kendaraan mudik yang melintas.

Pantauan detikcom di di posko Glonggong, Kecamatan Donorojo hingga Rabu (5/5/2021) pukul 16.00 WIB jalanan ujung barat Kota 1001 Gua itu sepi. Jumlah kendaraan yang lewat rata-rata 5 hingga 7 unit per menit.

Jenis kendaraan didominasi angkutan barang, seperti truk maupun pikap. Sedangkan sisanya merupakan kendaraan pribadi berpelat nomor lokal. Ada pula angkutan umum asal Jateng maupun bus AKAP.

Selain itu kendaraan roda dua juga tampak di antara lalu lalang moda transportasi di jalur nasional tersebut. Pengendara umumnya warga lokal yang melintas batas. Personel patroli polsek tampak berjaga di depan posko perbatasan.

Sebelumnya, Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono menyebut sejauh ini tidak ada lonjakan pemudik. Hasil pantauan petugas, lanjutnya, kendaraan berpelat nomor Ibu Kota dan luar daerah sangat minim.

"Memang untuk Pacitan agak senggang lah. Mungkin berbeda dengan daerah lain," Wiwit kepada wartawan usai gelar pasukan di Alun-alun Pacitan.

Dikatakan, pihaknya secara persuasif menyampaikan sosialisasi dalam bentuk audio visual. Konten tersebut disebarkan melalui keluarga di kampung halaman untuk diteruskan kepada perantau. Isinya berupa imbauan agar tidak mudik.

"Kita memang mengetuk hati warga di luar sana untuk tidak datang ke Pacitan. Dan dari sini pun tidak berangkat ke mana-mana," tandasnya.

(iwd/iwd)