Forkopimda Jatim Cek Pusat Belanja di Surabaya yang Berpotensi Picu Kerumunan

Faiq Azmi - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 20:43 WIB
forkopimda jatim cek pusat perbelanjaan
Forkopimda Jatim cek prokes di Tunjungan Plaza (Foto: Faiq Azmi)
Surabaya -

Jajaran Forkopimda Jatim mengunjungi salah satu pusat perbelanjaan di Kota Surabaya. Tujuannya, untuk memastikan mekanisme protokol kesehatan ditegakkan di mal.

"Yang pertama saya bersama Forkopimda Jatim sengaja datang ke Tunjungan Plaza (TP) yang menjadi ikon Kota Surabaya. Beberapa hari lalu viral bahwa di sini TP terjadi kerumunan, ternyata kami cek sendiri mekanisme (prokes) semua sudah baik," ujar Mayjen TNI Suharyanto selaku Pangdam V Brawijaya di TP, Selasa (4/5/2021).

Menurut Suharyanto, kedatangan Forkopimda Jatim untuk memastikan prokes dijalankan dengan baik. Pihaknya juga tidak melarang masyarakat untuk berbelanja.

"Tidak melarang masyarakat untuk berbelanja, asal dengan protokol kesehatan. Kita sekarang menghadapi ancaman COVID dari luar negeri yang begitu hebat sehingga tentu saja kejadian seperti di India negara-negara Amerika Latin jangan sampai menimpa Jatim," bebernya.

Pasca munculnya video viral seorang pria yang membodohkan pengunjung di Pakuwon Mal, TNI-Polri akan menempatkan personel di pusat belanja.

"Ya tentu saja di mal ini dari Polda Jatim sudah mengarahkan keamanan dan kami juga Kodam, akan membantu sepenuhnya (personel). Adanya personel tidak mengakibatkan masyarakat yang akan berkunjung merasa risih tapi mereka melihat ada petugas di sini, ada rasa aman dan mereka bisa belanja sesuai kebutuhan masing-masing. Tetapi tentu saja protokol kesehatan ditegakkan. Intinya TNI Polri yang ada disini bukan menakut-nakuti tapi untuk menegakkan protokol kesehatan," tegasnya.

Direktur Marketing Pakuwon Grup Sutandi Purnomosidi menjelaskan kedatangan Forkopimda Jatim untuk melihat penerapan prokes di TP. Pihak manajemen TP sendiri telah mengantisipasi lonjakan pengunjung khususnya pada weekend mendatang.

"Kami sudah melihat Sabtu kemarin dan puncaknya weekend besok ada kenaikan pengunjung yang signifikan. Kita pekerjakan lembur security sif malam, untuk ikut di sif siang mulai pukul 14.00 WIB sampai 22.00 WIB," ujar Sutandi.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jatim ini menambahkan, tambahan security di mal akan memakai rompi satgas COVID-19. Gunanya, untuk mengawasi pengunjung, pasca adanya video seorang pria menghujat pengunjung Pakuwon Mal yang bermasker.

"Kita sebetulnya semua menjaga bahwa pengunjung kita tetap tegakkan prokes. Cuma ada satu manusia yang aneh inilah. Dan syukurlah sudah ditangkap dan diminta kerja bakti sosial," pungkasnya.

Dalam sidak ini juga hadir Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Plh Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono.

(iwd/iwd)