4 Check Point 24 Jam Disiapkan Sekat Pemudik di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 21:56 WIB
check point di banyuwangi
4 Check point didirikan untuk menyekat pemudik yang masuk Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Jelang larangan mudik yang mulai diberlakukan per tanggal 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang, polisi sudah menyiapkan sedikitnya 4 check point penyekatan pemudik yang akan masuk Banyuwangi. Ini sebagai bentuk antisipasi penularan COVID-19 pada Lebaran 2021.

Empat check point itu adalah Pelabuhan Ketapang; sejumlah wilayah perbatasan antara Banyuwangi-Situbondo; Banyuwangi-Jember dan Banyuwangi-Bondowoso.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin melakukan pemantauan sejumlah titik penyekatan.

"Selain memantau, kegiatan hari ini juga untuk sosialisasi kepada masyarakat," ujar Arman usai memantau lokasi check point di Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, Senin (3/5/2021).

Selama pemberlakuan aturan larangan mudik, penjagaan sejumlah titik penyekatan akan dilakukan selama 24 jam nonstop. Sehingga tak ada celah yang dimanfaatkan masyarakat yang akan melanggar larangan mudik tersebut.

"Bagi yang kedapatan mudik, maka akan kita suruh kembali atau putar balik," tegasnya.

Sementara itu, untuk kendaraan yang mengangkut logistik tetap diperbolehkan dengan catatan memenuhi syarat administrasi salah satunya rapid antigen atau GeNose.

Tak ingin kecolongan oleh warga yang nakal, pihak kepolisian Banyuwangi tak hanya melakukan pengamanan di perbatasan antar kabupaten, namun penjagaan ketat juga di sejumlah pelabuhan rakyat.

Sebab tak menutup kemungkinan pelabuhan kecil tersebut akan dimanfaatkan sebagai jalur tikus bagi mereka yang memaksa ingin mudik.

"Saya berharap masyarakat tidak mudik dan tetap menjaga kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19," pungkasnya.

(iwd/iwd)