Gaji Tak Dibayar Penuh, Ratusan Karyawan Damri di Surabaya Ancam Mogok Kerja

Amir Baihaqi - detikNews
Sabtu, 01 Mei 2021 14:19 WIB
damri
Pool Damri di Surabaya (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya -

Ratusan karyawan Damri di Surabaya mengancam akan melakukan demo dan mogok kerja. Ancaman itu dilakukan karena gaji mereka sejak 8 bulan terakhir belum dibayarkan secara penuh.

"Iya benar. Keterlambatan mulai Agustus 2020 sampai April 2021. Rekan-rekan ini pada umumnya minta kepastian dibayarkan yang tertunda itu secara total," kata salah satu karyawan Damri Suparman kepada detikcom, Sabtu (1/5/2021).

"Kata perusahaan gaji yang tidak penuh itu diberikan karena sesuai dengan penghasilan yang masuk per harinya. Jadi kami hanya terima Rp 1 juta, kadang Rp 800 ribu," imbuh pria 54 tahun itu.

Menurut Suparman, rencananya hari ini rekan-rekannya akan menggelar demo di pool Damri di Jalan Jagir Wonokromo. Bahkan mereka sudah berkumpul sejak malam. Namun karena ada mediasi dengan jajaran manajemen maka urung terjadi.

Sebagai janjinya, para karyawan akan difasilitasi pada hari Senin depan dengan jajaran direksi di Jakarta. Pertemuan itu akan dilakukan pada Senin depan.

"Sudah mau merencanakan demo tapi dari unsur manajemen ke sini dan menjanjikan memfasilitasi dipertemukan dengan jajaran direksi di Jakarta melalui zoom," jelasnya.

Meski begitu, lanjut Suparman, jika nantinya pertemuan dengan jajaran direksi di Jakarta juga masih tidak ada solusi. Maka para karyawan akan mogok beroperasi secara total.

"Kalau sampai tidak memenuhi sampai batas waktu kami kemungkinan akan mogok beroperasi. Itu kesepakatan kami dengan rekan-rekan. Untuk itu kami berharap Senin depan ada solusi," tandas Suparman.

(iwd/iwd)