Ingat Jangan Nekat Mudik, Jalur Tikus di Jawa Timur Diawasi Ketat

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 30 Apr 2021 11:13 WIB
Lalu lintas di Bundaran Waru
Kawasan Bundaran Waru jelang penyekatan mudik lebaran 2021 (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Surabaya -

Pemerintah melarang mudik lebaran 2021. Sejumlah wilayah perbatasan provinsi hingga kabupaten/kota akan diawasi ketat. Bagi masyarakat yang nekat mudik melewati jalur tikus, jangan harap bisa lolos.

Di Jawa Timur, jalur tikus dipastikan akan dijaga ketat. Setiap polres menurunkan anggotanya dalam mengawasi jalur tikus yang ada.

Sebelumnya, Kakorlantas Polri Irjen Istiono memastikan jalur tikus yang berpotensi digunakan mudik di wilayah Jatim akan diawasi ketat oleh polisi.

"Berkaitan dengan adanya larangan mudik 2021, untuk jalur tikus di Jatim itu sudah diantisipasi oleh para Kapolres jajaran," kata Istiono saat mengecek kesiapan Operasi Ketupat 2021 di Surabaya.

Para kapolres di Jatim juga telah menyatakan kesiapan untuk memperketat perbatasan.

"Tadi sudah kita cek titik-titik penyekatan yang dibangun sudah all out, baik personelnya, sarana prasarana dan cara bertindak di lapangannya dan koordinasi dengan lintas sektoral sangat bagus," imbuhnya.

Istiono mengingatkan pada polda dan polres jajaran Operasi Ketupat 2021 adalah operasi kemanusiaan. Maka, tindakan di lapangan adalah persuasif dan humanis. Menurutnya, pengetatan terhadap pemudik ini dilakukan karena sejauh ini COVID-19 masih menjadi ancaman di Indonesia termasuk Jatim. Istiono juga menginstruksikan, jika ada peningkatan volume kendaraan, aparat akan segera ambil langkah cepat di lapangan.