Ditpolairud Polda Jatim Awasi Pemudik Gelap Sewa Kapal Nelayan

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 29 Apr 2021 12:23 WIB
Nelayan di Indonesia didominasi oleh nelayan skala kecil yang menggunakan kapal perikanan kecil (di bawah 10 GT). Bagaimana nasib mereka di 2021?
Ilsutrasi (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Surabaya -

Pemerintah melarang mudik Lebaran 2021. Semua transportasi umum dilarang beroperasi. Baik transportasi air, udara dan darat. Namun, segala upaya 'nakal' masyarakat yang hendak mudik, bisa saja dilakukan setiap saat. Salah satunya, menyewa kapal nelayan untuk berlayar ke kampung halaman.

Melihat adanya potensi ini, Ditpolairud Polda Jawa Timur melakukan beberapa upaya untuk mencegah masyarakat mudik 2021. Salah satunya, memberikan imbauan dan pemahaman pada masyarakat mengapa mudik dilarang.

Dirpolairud Polda Jatim Kombespol Arnapi mengatakan pihaknya juga meminta para nelayan untuk tidak menyewakan kapalnya. Selain bahaya karena gelombang masih tinggi, larangan mudik 2021 ini dilakukan demi memutus mata rantai penularan COVID-19.

"Kita sudah dari awal puasa mengimbau, memberikan pemahaman pada masyarakat pesisir dan nelayan, khususnya, tentang alasan kenapa tidak boleh mudik. Alasannya dulu kita sampaikan terkait perkembangan COVID-19 di global ini," kata Arnapi kepada detikcom saat dihubungi di Surabaya, Kamis (29/4/2021).

"Kedua, kita sudah mendatangi para pemilik kapal. Saya perintahkan seluruh jajaran yang ada Satpolair-nya di polres-polres, kami sudah berkirim dengan telegram untuk memerintahkan mereka mendatangi pemilik kapal dan para nelayan, sekiranya pada tanggal 6 hingga 17 Mei itu ada yang menyewa agar tidak dilayani," tambah Arnapi.

Simak Video: Polda Metro Amankan 115 Travel Gelap Mudik Lebaran

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2