Sebuah Senjata Laras Panjang dan Pistol Ditemukan di Rumah Kosong di Surabaya

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Senin, 26 Apr 2021 22:46 WIB
senpi
Dua senpi yang ditemukan (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Dua senjata api yang diduga masih aktif ditemukan di sebuah rumah di Sukolilo. Dua senpi tersebut berjenis laras panjang dan pistol lengkap dengan amunisi.

Dua senjata api tersebut ditemukan di sebuah rumah kosong di Komplek perumahan Manyar Indah. Penemuan senpi itu berawal dari laporan warga yang sedang membersihkan rumah mantan anggota TNI yang sudah meninggal. Kemudian oleh warga temuan itu dilaporkan ke Koramil setempat.

"Rumah kosong yang ditinggal sekitar 9 tahun. Kebetulan yang punya rumah ini tidak ada. Keponakan membersihkan rumah itu, dan ditemukanlah di sebuah kamar ada senjata, sehingga membuat mereka ketakutan kemudian diserahkan," ujar Danramil 0831/04 Sukolilo Mayor Inf Supriyo Triwahono kepada wartawan saat ditemui di Koramil 0831/04 Sukolilo,Senin (26/4/2021).

"Dua senjata tersebut yakni G-3 Getmi laras panjang dengan tali sandang, tiga magazine serta 4 butir peluru dan senjata pistol jenis P-08 dengan 54 butir peluru, sarung pistol dan tali sandang dalam kondisi berkarat," lanjut Supriyo.

Supriyo menambahkan setelah diserahkan dan dicek, dua pucuk senpi tersebut ternyata masih dalam kondisi bagus.

"Setelah diserahkan kemudian kita bersihkan. Ternyata untuk senapan serbu ini, masih aktif, masih bagus," ungkap Supriyo.

Supriyo menyebutkan dua pucuk senjata api tersebut ditemukan di rumah seorang purnawiran TNI. Diduga senjata tersebut belum sempat diserahkan kepada pihak berwenang lantaran yang bersangkutan telah meninggal dunia karena kecelakaan.

"Rumah tersebut milik almarhum, (sudah) purnawiran. Sudah meninggal. Kalau menurut ceritanya belum sempat diserahkan. Karena almarhum ini dulu pernah mengalami kecelakaan, jadi otomatis senjata ini belum sempat diserahkan. Dan kemarin pada saat ditemukan diserahkan," lanjut Supriyo.

Sementara itu, pihak Koramil berterima kasih kepada penemu yang telah menyerahkan dua senjata tersebut. Kemudian secara SOP senjata api tersebut akan diserahkan ke Kodim setempat.

"Kepada pihak keluarga, maupun sanak famili termasuk ahli waris, kami ucapkan terima kasih. Kita serahkan secara prosedural kepada pimpinan yang berhak menggunakan senjata tersebut. Nanti kita kirim ke Kodim, kita serahkan ke Dandim lengkap beserta administrasinya," tandas Supriyo.

(iwd/iwd)