Bupati Ponorogo Kecam Pertunjukan Reog Saat Sahur yang Abaikan Prokes

Charolin Pebrianti - detikNews
Senin, 26 Apr 2021 11:01 WIB
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengecam pertunjukan Reog yang digelar di alun-alun saat sahur pada Sabtu (24/4). Pertunjukkan itu disesalkan karena mengabaikan prokes.
Pertunjukan Reog saat sahur di Ponorogo/Foto: Tangkapan Layar
Ponorogo -

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengecam pertunjukan Reog yang digelar di alun-alun saat sahur pada Sabtu (24/4). Pertunjukan itu disesalkan karena mengabaikan prokes.

Sebelumnya, ada empat video soal sahur on the road yang beredar di media sosial. Salah satunya di Instagram @ponorogo.update.

Sahur on the road itu digelar di depan Paseban Alun-alun Ponorogo, dengan dimeriahkan kesenian Reog. Total ada enam Reog yang tampil lengkap dengan musik gamelan.

Warga pun tampak berkerumun dan tidak memperhatikan protokol kesehatan (prokes) dalam acara itu, meski saat ini masih pandemi COVID-19. Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko pun menyoroti kejadian ini.

Pihaknya menyayangkan adanya keramaian di depan rumah dinasnya. Ditambah, masyarakat tidak memperhatikan prokes.

"Saya kemarin perang dengan Pak Dandim, Kapolres bahkan Bu Gubernur perang di medsos. Kejadian itu tidak ada koordinasi dengan Pemkab maupun Kapolres dan Dandim," tutur Giri kepada wartawan, Senin (26/4/2021).

Giri menambahkan, awalnya dia mengira acara itu hanya gugah sahur seperti biasa. Namun kenyataannya pada Sabtu (24/4) dini hari itu ada pertunjukan Reog.

"Tak pikir biasa tabuhan gugah sahur ternyata ada sahur on the road. Sudahlah ini berhenti tidak baik di situasi seperti ini. Pada saatnya nanti kita show saat pandemi sudah mereda," terang Giri.

Sementara Kapolres Ponorogo AKBP Mochamad Nur Azis menjelaskan, usai video soal sahur on the road viral di media sosial, pihaknya langsung melakukan patroli rutin di depan Alun-alun Ponorogo. Sekaligus mendatangi pemilik Reog yang tampil di sahur on the road.

"Mereka mengadakan itu secara spontanitas. Tidak ada izin. Kami siap membubarkan kalau ditemukan kerumunan lagi," imbuh Azis.

Menurutnya, sudah dilakukan komunikasi antara polisi, TNI serta satgas Pemkab untuk mengantisipasi agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali. "Kita terus antisipasi, kemarin tidak ada izin. Tadi malam kita patroli, malam Minggu depan juga akan patroli," pungkas Azis.

Simak juga video 'Liga Satu Siap Digelar, Erick Thohir: Jangan Sampai Lupakan Prokes':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)