Berkunjung ke Jatim, Anies Didampingi 2 Kepala daerah yang Diusung Demokrat

Faiq Azmi - detikNews
Minggu, 25 Apr 2021 16:52 WIB
Ngawi - Anies Baswedan mengunjungi Kota Madiun dan Kabupaten Ngawi, Minggu (25/4/2021). Kedatangan Anies untuk MoU ketahanan pangan beras dengan Pemkab Ngawi.

Meski begitu, kedatangan Anies diduga berbau safari politik untuk Pilpres 2024. Anies bertemu dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Keduanya masuk dalam berbagai survei elektabilitas calon untuk Pilpres 2024.

Selain Khofifah, selama di Jatim, Anies juga didampingi Wali Kota Madiun Maidi dan Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, serta Wabup Ngawi Dwi Rianto Jatmiko. Dua kepala daerah di Kota Madiun dan Ngawi tersebut, diusung Partai Demokrat saat Pilkada.

Maidi diketahui memiliki kedekatan dengan Partai Demokrat, meski dirinya juga disebut kader PDIP. Momen keakraban Anies dengan Maidi juga tampak saat berada di halaman Balai Kota Madiun, pagi tadi.

Anies Baswedan mengunjungi Kota Madiun dan Kabupaten Ngawi, didampingi dua kepala daerahKhofifaj, Anies Baswedan dan Bupati Ngawi Ony Anwar/ Foto: Faiq Azmi

Sedangkan Ony Anwar Harsono-Dwi Rianto Jatmiko, diusung Demokrat saat Pilkada Serentak 2020. Ony-Rianto saat itu menghadapi kotak kosong. Ony sendiri sempat melempar statement, kedatangan Anies bersama Khofifah di Ngawi diberkahi oleh Tuhan.

"Ngawi beberapa minggu ini hujan. Pagi ini, Pak Gubernur dan Bu Gubernur datang, cuaca cerah. Ini artinya diberkahi," ujar Ony dalam sambutannya di Dusun Alas Pecah, Desa Geneng, Ngawi.

Meski begitu, Anies membantah kedatangan dirinya ke Jatim membahas politik dengan Khofifah.

""Kita ini sedang berbicara tentang kebutuhan pangan, ketahanan pangan. Dan ingin memastikan bahwa harga di perkotaan mendapatkan suplai yang terjamin. Di sisi lain, kami ingin berbalas budi dengan petani, dengan membangun sistem yang berkeadilan," ujar Anies.

(fat/fat)