Sekat 13 Perbatasan Masuk Surabaya, Polisi juga Awasi Jalan Tikus

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 19 Apr 2021 11:13 WIB
Petugas gabungan melakukan penyekatan saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Tahap III di Bundaran Waru, Surabaya, Jawa Timur.
Foto: ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Sidoarjo -

Sebanyak 13 akses masuk Kota Surabaya akan dilakukan penyekatan petugas gabungan pada larangan mudik lebaran tanggal 6 hingga 17 Mei 2021. Tak hanya itu, polisi juga akan mengawasi sejumlah jalan tikus.

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Teddy Candra mengatakan awalnya ada 6 titik yang akan dijaga. Namun, kini telah ditetapkan 13 titik.

Sementara untuk menghalau masyarakat yang masuk Surabaya lewat jalan tikus, Teddy mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Polsek setempat. Karena, wilayah Polsek lebih memahami titik jalan tikus yang kemungkinan dilewati pengendara.

"Kita kan ada 13 titik termasuk exit tol. Nanti keluar masuk akan kita jaga. Tentunya kita akan melibatkan polsek-polsek," kata Teddy kepada detikcom di Surabaya, Senin (19/4/2021).

Selain itu, Teddy menyebut pihaknya juga akan aktif melakukan patroli. Patroli ini juga dilakukan pihak polsek di wilayahnya.

"Kemudian kita juga akan melakukan patroli dan rekan-rekan di polsek jajaran akan melakukan hal yang sama," imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Teddy menambahkan pihaknya tengah melakukan sosialisasi larangan mudik pada masyarakat.

"Di Operasi Keselamatan ini kita melakukan sosialisasi ke pada masyarakat agar paham biar larangan ini dimengerti. Karena ini kan instruksi presiden langsung ya. Jadi sekarang dalam rangka Operasi Keselamatan ini kita optimalkan sosialisasi dengan masif terkait larangan mudik ini," pungkasnya.

Berikut 13 titik penyekatan masuk Surabaya :

1. Terminal Benowo
2. Terminal Osowilangun
3. Exit Tol Masjid Al Akbar Surabaya
4. Depan PMK Sier
5. Eks Pasar Karang Pilang
6. Exit Tol Gunung Sari - Malang
7. Exit Tol Gunung Sari - Gresik
8. SP3 Driyorejo Lakarsantri
9. Depan Mall Cito (Bundaran Waru)
10. Exit Tol Simo Surabaya
11. Exit Tol Satelit
12. Jalan Rungkut Menanggal
13. Merr Gunung Anyar

(hil/iwd)