Wabup Banyuwangi Apresiasi Wisata yang Gandeng UMKM Lokal

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 17 Apr 2021 19:54 WIB
Upaya Pemkab Banyuwangi melakukan pemulihan ekonomi arus bawah mendapat respons positif dari berbagai pihak. Salah satunya datang dari pengusaha yang membuka bazar Ramadhan bagi warga setempat, di lokasi wisata yang dikelolanya.
Wakil Bupati Sugirah/Foto: Ardian Fanani/detikcom
Banyuwangi -

Upaya Pemkab Banyuwangi melakukan pemulihan ekonomi arus bawah mendapat respons positif dari berbagai pihak. Salah satunya datang dari pengusaha yang membuka bazar Ramadhan bagi warga setempat, di lokasi wisata yang dikelolanya.

Wakil Bupati Sugirah pun mengapresiasi destinasi wisata yang berkolaborasi dengan masyarakat sekitar, dalam menggerakkan sektor ekonomi kerakyatan. Hal tersebut dikatakan Sugirah saat meninjau Akbar Zoo Go Ramadhan, di Kecamatan Glagah, Sabtu (17/4/2021).

"Saya mengapresiasi Akbar Zoo ini yang telah berupaya meningkatkan usaha UMKM di sekitar Desa Paspan dan sekitarnya," kata Sugirah saat meninjau Akbar Zoo.

Ia mengatakan, tempat wisata yang belum lama dibuka ini mempunyai terobosan untuk menggerakkan sektor ekonomi warga sekitar. Yakni dengan menyediakan tempat bazar Ramadhan yang menjual takjil dan produk UMKM lainnya di dalam wahana.

Langkah tersebut dinilai Sugirah dapat menginspirasi destinasi wisata lainnya dalam rangka pemulihan ekonomi di tengah pandemi. Sebab bazar tersebut menggandeng pelaku usaha sekitar destinasi wisata untuk membuka lapaknya.

"Apalagi para pengunjung juga dapat masuk wahana gratis selama Ramadhan dari Senin sampai Jumat, sembari ngabuburit dan belanja takjil," imbuhnya.

Sugirah menjelaskan, saat ini Pemkab Banyuwangi sedang getol-getolnya menggairahkan sektor UMKM dalam rangka percepatan pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi. Dengan segala dukungan Pemkab yaitu program UMKM Naik Kelas, kini UMKM berbagai sudut di Kabupaten Banyuwangi sedang bergerak memutar roda perekonomian.

"Ini salah satu bagian upaya gotong royong Pemkab Banyuwangi bersama berbagai pihak dalam mengentaskan ekonomi saat ini yang begitu sulit," ungkap Sugirah.

Maka dari itu Sugirah mendorong destinasi wisata harus mendukung UMKM lokal. Terlebih pengelolanya merupakan masyarakat sekitar.

"Sebaliknya, saya berharap UMKM sekitar juga ikut memajukan sektor wisata. Misal meng-up grade produknya agar lebih menarik pembeli. Kalau sama-sama jalan seperti ini, ekonomi akan segera pulih," pungkasnya.

(sun/bdh)