16 Nelayan yang Kapalnya Terbakar di Laut Jawa Dipulangkan dari Tuban

Ainur Rofiq - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 17:23 WIB
Sebuah kapal nelayan terbakar hingga karam di Laut Jawa, Bangka Belitung pada Kamis (15/4). Kini, 16 nelayan sudah dievakuasi dan dipulangkan dari Tuban.
16 nelayan yang kapalnya terbakar di Laut Jawa/Foto: Ainur Rofiq/detikcom
Tuban -

Sebuah kapal nelayan terbakar hingga karam di Laut Jawa, Bangka Belitung pada Kamis (15/4). Kini, 16 nelayan yang diselamatkan sudah dievakuasi dan dipulangkan dari Tuban.

Pemulangan belasan nelayan itu menggunakan bus dari Tuban ke Jawa Tengah dan Jawa Barat dengan dikawal polisi. Untuk mempercepat proses pemulangan, mereka hanya akan diantar ke polsek terdekat dari rumah nelayan.

Sebelum dipulangkan, mereka menjalani tes GeNose dan pemeriksaan kesehatan di klinik. Oleh polisi, mereka diberi makan, baju dan disuruh mandi.

"Alhamdulillah evakuasi 16 ABK selesai dilakukan dengan selamat dan sehat kondisinya. Dengan naik bus kita antar mereka pulang ke rumahnya masing-masing," ucap Kapolres Tuban, Ruruh Wicaksono, Jumat (16/4/2021).

Kapal nelayan tersebut berlayar dari Muara Angke Jakarta sekitar 64 hari yang lalu. Rencananya mereka akan mencari ikan hingga 120 hari. Seperti yang disampaikan nakhoda kapal nelayan tersebut, Rasvadi.

Namun pelayaran mereka harus berakhir karena kapal terbakar hingga karam di Laut Jawa, Bangka Belitung pada Kamis (15/4). Rasvadi tidak tahu asal api penyebab kebakaran tersebut.

"Ada api membesar. Siang hari. Namanya trauma, gimana lagi, kapal sudah terbakar. Orang-orang lompat ke laut," kata Rasvadi kepada detikcom di Tuban.

Setelah beberapa jam terombang-ambing di laut, 16 nelayan tersebut akhirnya mendapat pertolongan dari Kapal Master (MT) Queen Majesty. Seperti yang disampaikan Nakhoda Kapal MT Queen Majesty, Kapten Muhammad Amin Rahman.

Menurutnya, saat itu pihaknya menyiapkan tim rescue sambil mendekat ke kapal terbakar. Belasan nelayan itu bertahan hidup dengan menggunakan 4 pelampung dan viber box yang digunakan bersama-sama.

"1,5 jam kita evakuasi 16 nelayan tersebut," ujarnya.

Lalu, 16 nelayan itu dibawa ke Tuban, sesuai tujuan dari MT Queen Majesty. Berikut 16 nelayan yang diselamatkan Kapal Master (MT) Queen Majesty:

1. Ramin (Indramayu)
2. Nono Cahyono (Indramayu)
3. Rio Prabowo (Subang)
4. Sugeng Apriana (Indramayu)
5. Agus Gunawan (Indramayu)
6. Rasvadi (Indramayu)
7. Candra Suraya(Indramayu)
8. Dede Sumantri (Indramayu)
9. Didi (Indramayu)
10. Supriyanto (Brebes)
11. Jaenal (Brebes)
12. Slamet Sanuri (Brebes)
13. Agus (Indramayu)
14. Sarma (Indramayu)
15. Saeful (Indramayu)
16. Caswanto (Indramayu)

Tonton video 'Evakuasi 16 Nelayan dari Kapal Terbakar di Laut Jawa':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)