Skema Evakuasi 16 Nelayan Kapal Terbakar yang Diselamatkan di Laut Jawa

Ainur Rofiq - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 12:28 WIB
Sebuah kapal nelayan terbakar hingga karam di Laut Jawa, Bangka Belitung pada Kamis (15/4). Berikut skema evakuasi 16 nelayan yang akan tiba di Tuban.
Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono/Foto: Ainur Rofiq
Tuban -

Sebuah kapal nelayan terbakar hingga karam di Laut Jawa, Bangka Belitung pada Kamis (15/4). Berikut skema evakuasi 16 nelayan yang akan tiba di Tuban.

Hingga saat ini, tim gabungan dari TNI, Polres Tuban, Basarnas dan lainnya tengah melakukan persiapan untuk kedatangan 16 nelayan yang diselamatkan tersebut. Yakni di TPPI Jenu, Tuban.

"Ada dari TPPI, Basarnas, BPBD, teman-teman TNI, Karantina, Syahbandar. Nanti dari pihak Karantina akan naik kapal melakukan pemeriksaan kesehatan. Setelah itu kita siapkan evakuasi. Mereka akan dibawa ke darat, mereka akan menjalani tes GeNose dan pemeriksaan di klinik. Setelah itu akan dibantu pemulangan ke tempat asal masing-masing ABK atau nelayan itu," kata Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, Jumat (16/4/2021).

"Sementara kapal induk (Kapal Master Queen Majesty) tidak bisa menepi. Hanya bisa kurang lebih 6 mil dari darat," imbuhnya.

Berdasarkan data yang dihimpun, 16 awak kapal nelayan itu berasal dari Jawa Barat dan Jawa Tengah. Yang asal Indramayu 12 orang, satu orang asal Subang dan 3 orang asal Brebes.

Sebelumnya diberitakan, Kapal Master (MT) Queen Majesty menyelamatkan 16 awak kapal nelayan yang terombang-ambing di Laut Jawa, Bangka Belitung. Belasan awak itu terombang-ambing di laut usai kapal karam karena terbakar.

"Kapal nelayan itu sudah terbakar pada saat kita (kapal MT Queen Majesty) lewat. Kapal tersebut sudah terombang-ambing dan terapung. Total 16 orang," kata contact person PT Caraka Tirta Pratama, Faizol, saat dimintai konfirmasi, Kamis (15/4/2021).

Tonton juga Video: Cuaca Ekstrem di Parepare Bikin Nelayan Takut Melaut

[Gambas:Video 20detik]




(sun/bdh)