Lubang Mirip Gua Diduga Makam Zaman Prasejarah Bondowoso Dikira Sarang Ular

Chuk Shatu Widarsha - detikNews
Kamis, 15 Apr 2021 10:51 WIB
Warga Bondowoso Temukan Kubur Bilik Diduga Peninggalan Prasejarah
Lubang mirip gua yang diduga peninggalan zaman prasejarah/Foto file: Chuk Shatu Widarsha
Bondowoso -

Penemuan lubang mirip gua yang diduga peninggalan zaman prasejarah sempat menghebohkan warga Desa Lojajar, Bondowoso. Lubang berukuran 2 meter persegi itu sempat dikira sarang ular.

Penemuan itu berawal saat Wasit (43) warga Dusun Kecik, Desa Lojajar, Tenggarang berniat menggali tanah untuk saluran air di lokasi yang tak jauh dari rumahnya, Senin (12/4/2021). Mendadak, pandangan matanya tertuju pada sebuah lubang berdiameter sekitar 10 cm.

Wasit bersama tetangganya berusaha mengintip lubang tersebut. Namun tidak terlihat apa-apa, karena di dalam lubang tersebut sangat gelap.

Wasit lantas mengambil senter untuk membantu menerangi lubang di dalam. Begitu terbantu cahaya senter, dia sempat terkejut bercampur takjub. Ternyata ada semacam lubang di dalamnya dan terlihat lebar mirip gua.

Warga Bondowoso Temukan Kubur Bilik Diduga Peninggalan PrasejarahWarga Bondowoso Temukan makam diduga Peninggalan Prasejarah/ Foto: Chuk Shatu Widarsha

"Bentuknya di dalam mirip gua. Saya sempat takut. Karena khawatir bila di dalam gua itu sarang ular," papar bapak dua anak ini kepada wartawan, Kamis (15/4/2021).

Rasa penasaran Wasit begitu kuat. Ia lantas mencoba menelusuri lubang itu dan berusaha mencari lubang pintunya. Setelah beberapa saat mencari, ditemukanlah lubang sebagai pintu masuk ke cerukan itu.

"Pintunya tak jauh dari lubang kecil yang pertama ditemukan itu. Sebelah timurnya. Kondisinya tertutup oleh batu berukuran cukup besar dan berbentuk kotak," tambah Wasit.

Dibantu beberapa warga, ia lalu memindahkan batu yang menutup pintu masuk lubang. Ternyata di balik batu itu terdapat lubang mirip gua.

"Saya coba masuk ke dalam gua. Di situ ditemukan benda-benda seperti keris, mata tombak, gerabah. Kendati sudah tak utuh," imbuh Wasit.

Tak hanya itu, di dalam gua juga ditemukan semacam serpihan tulang belulang yang nyaris hancur. Karena ketidaktahuan warga, serpihan tulang belulang mirip tengkorak kepala dan kaki itu oleh warga langsung dikubur.

Tonton juga Video: Arkeolog Temukan Peralatan Prasejarah Berusia 7.000 Tahun

[Gambas:Video 20detik]



(sun/fat)