Warga Bondowoso Temukan Lubang Mirip Gua Diduga Makam Peninggalan Prasejarah

Chuk Shatu Widarsa - detikNews
Kamis, 15 Apr 2021 07:50 WIB
Warga Bondowoso Temukan Kubur Bilik Diduga Peninggalan Prasejarah
Warga temukan lubang mirip gua (Foto: Chuk Shatu Widarsha/detikcom)
Bondowoso -

Warga Bondowoso, dihebohkan penemuan sebuah lubang berikut benda-benda diduga peninggalan zaman prasejarah. Lubang mirip gua itu berukuran 2 meter persegi itu berisi puluhan benda.

Benda-benda itu berbentuk gerabah, besi tampak sudah berkarat, serta kerangka-kerangka manusia. Lokasi tersebut tak jauh dari rumah warga.

"Iya, betul. Pengamatan sementara memang kubur (Makam) bilik peninggalan zaman megalitikum," urai Kasi Sejarah dan Purbakala Dinas Dikbud Bondowoso, Hery Kusdarijanto, kepada detikcom, Kamis (15/4/2021).

Menurutnya, temuan itu akan segera ditindaklanjuti dengan melakukan kajian lebih mendalam serta penelitian lebih intensif. Dengan melibatkan semua stakeholder dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan.

Penemuan itu bermula saat Wasit (43) warga Dusun Kecik, Desa Lojajar, Tenggarang, berniat menggali tanah untuk saluran air di lokasi yang tak jauh dari rumahnya.

Mendadak, Wasit yang saat itu bersama sejumlah kerabatnya menemukan semacam cerukan. Setelah digali lebih mendalam, cerukan itu menyerupai gua. Kendati tak terlalu dalam.

"Setelah penggalian ke dalam, ternyata ada benda-benda purbakala semacam gerabah, manik-manik dan lainnya. Juga semacam serpihan kerangka yang hancur," ujar Wasit kepada wartawan.

Atas saran beberapa tetangga sekitar, Wasit kemudian melaporkan temuan tersebut ke perangkat desa yang lalu dilanjutkan ke pihak terkait. Tim sejarah dan purbakala dari dinas terkait di Bondowoso akhirnya turun ke lokasi untuk melakukan penelitian.

Lihat juga Video: Arkeolog Temukan Peralatan Prasejarah Berusia 7.000 Tahun

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)