Kitab Amjah, Manuskrip Kisah 25 Nabi Tersimpan di Museum Sunan Drajat Lamongan

Eko Sudjarwo - detikNews
Kamis, 15 Apr 2021 03:44 WIB
Kitab Amjah, Manuskrip Tentang Kisah 25 Nabi Tersimpan di Museum Sunan Drajat Lamongan
Kitab Amjah berisi tentang 25 nabi (Foto: Eko Sudjarwo/detikcom)
Lamongan -

Siapa sangka Kabupaten Lamongan banyak menyimpan koleksi kitab bersejarah. Salah satunya Kitab Amjah. Sebuah manuskrip kuno berisi tentang kisah 25 nabi. Kitab ini masih tersimpan rapi di Museum Sunan Drajat Lamongan.

Sekilas, kitab amjah ini memang tak berbeda dengan buku atau kitab-kitab lainnya. Ukurannya pun hampir sama dengan buku yang ada saat ini. Namun, kekunoan manuskrip kitab amjah ini baru bisa dilihat saat membuka satu per satu halaman kitab tersebut.

Gerutan kekunoan kitab tersebut makin terlihat dari kondisi kertasnya yang sudah mulai usang. Sehingga, dibutuhkan kehati-hatian untuk membuka lembar demi lembar kitab ini.

"Usia kitab belum kita ketahui dan masih dalam kajian," kata Kabid Kebudayaan Disparbud Lamongan Miftah Alamuddin saat berbincang dengan detikcom, Kamis (15/4/2021).

Miftah mengatakan, kitab itu hingga kini belum diketahui siapa pengarang dan kapan kitab ini dibuat. Kitab Amjah ini, menurut Miftah, menggunakan tulisan Bahasa Jawa kuno dengan aksara pegon.

"Hingga kini belum diketahui siapa pengarang dan tahun pembuatannya. Dua-duanya ini yang masih dalam tahap kajian. Aksara hurufnya pegon berbahasa Jawa kuno," ujar Miftah menyebut huruf dan bahasa di kitab ini.

Miftah mengungkapkan untuk mengetahui lebih mendalam soal naskah kuno ini, pihaknya melibatkan Tim Ahli dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta yang sudah berlangsung sejak 8 April 2021.

"Dengan menggandeng tim ahli UGM, diharapkan kajian Kitab Amjah ini bisa terungkap satu per satu," tutur Miftah.

Lihat juga video 'Daun Lembar Al-Quran Periode Awal Dijual di Rumah Lelang London':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)