Reruntuhan Bangunan Roboh di Lumajang Dampak Gempa Malang Dibersihkan

Nur Hadi Wicaksono - detikNews
Rabu, 14 Apr 2021 17:07 WIB
Pembersihan puing bangunan rumah warga yang rusak akibat gempa magnitudo 6,1, terus dilakukan. Satu unit alat berat dikerahkan ke desa Kali Uling, Kecamatan Tempursari, Lumajang.
Reruntuhan gempa Malang dibersihkan (Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikcom)
Lumajang -

Pembersihan puing bangunan rumah warga yang rusak akibat gempa Malang terus dilakukan. Satu unit alat berat dikerahkan ke Desa KaliUling, Kecamatan Tempursari, Lumajang.

Di desa ini, ada 400 rumah warga yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi. Sedangkan rumah warga yang kondisinya tidak memungkinkan untuk ditempati, terpaksa harus dirobohkan agar tidak membahayakan keselamatan.

"Pembersihan dilakukan dengan menerjunkan alat berat ke lokasi untuk pembersihan puing bangunan rumah warga," ujar Kabid Kedaruratan Rekonstruksi dan Rehabilitasi BPBD Lumajang, Joko Sambang kepada detikcom di Lumajang, Rabu (14/4/2021).

Namun karena akses medan yang sulit, jelas dia, alat berat tidak bisa masuk ke lokasi. Sehingga, pembersihan puing-puing bangunan dilakukan secara manual dibantu ratusan anggota TNI-Polri.

"Untuk medan yang sulit pembersihan dilakukan dengan dibantu anggota TNI Polri," tambah Joko.

Sebelumnya, gempa Malang M 6,1 berdampak hingga Lumajang. Gempa mengakibatkan 1.325 rumah warga yang tersebar di 28 desa dan 11 kecamatan mengalami kerusakan. Selain itu, gempa juga mengakibatkan 5 orang meninggal dunia, 2 orang luka berat serta 12 korban luka ringan.

(fat/fat)