Jawa Timur Daerah Seismik Bencana, Ini yang Dilakukan BPBD Jatim

Faiq Azmi - detikNews
Selasa, 13 Apr 2021 14:56 WIB
Khofifah Tinjau 3 Lokasi Terdampak Gempa Malang, Pastikan Tempat Pengungsian Memadai
Lokasi terdampak gempa Malang (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menyebut wilayah selatan Jatim dikenal sebagai kawasan dengan seismik aktif dan kompleks. Artinya, wilayah ini berpotensi terjadi gempa. BMKG menyebut setidaknya 9 kali gempa destruktif atau gempa besar yang merusak infrastruktur di wilayah Selatan Jatim.

Menanggapi hal itu, Plt Kalaksa BPBD Jatim Yanuar Rachmadi menyatakan, pihaknya terus melakukan program mitigasi bencana. Salah satunya dengan mensosialisasikan ke masyarakat risiko kegempaan yang ada di wilayah mereka.

"Mitigasi bencana terus kita lakukan. Baik itu di daerah yang rawan gempa, tsunami. Sosialisasi ke warga, edukasi, bagaimana safety first," ujar Yanuar di Surabaya, Selasa (13/4/2021).

Yanuar menjelaskan, untuk kawasan Malang yang rawan gempa, BPBD Jatim bersama pemerintah kabupaten, serta relawan saat ini tengah mensosialisasikan bagaimana membuat konstruksi bangunan yang aman. Namun, ada kendala yakni soal biaya yang dibutuhkan masyarakat.

"Ini pengalaman, kalau tinggal di daerah yang punya potensi kerentanan seperti ini, kita yang menyesuaikan. Bukan alam yang menyesuaikan kita. Kalau sudah seperti ini, konstruksi harus diperhatikan. Paling tidak, kalau kita mau mengadopsi teknologi konstruksi Jepang, harganya mahal. Lebih aman ini kondisi rumahnya dari kayu, tidak fatal. Kalau yang rumah biasa, atap ini jangan genteng, harus bahan ringan, asbes tipis, galvalum itu yang sifatnya ringan, konstruksinya ringan," bebernya.

Selanjutnya
Halaman
1 2