Vaksin Hari Pertama Puasa Ramadhan 2021 di Surabaya Masih Diminati

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 13 Apr 2021 14:00 WIB
Hari pertama puasa Ramadhan 2021, proses vaksinasi COVID-19 tetap digelar. Di Kota Surabaya sendiri, animo peserta vaksin masih sangat tinggi.
Vaksin saat hari pertama puasa masih ramai (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Hari pertama puasa Ramadhan 2021, proses vaksinasi COVID-19 tetap digelar. Di Kota Surabaya sendiri, animo peserta vaksin masih sangat tinggi.

Apalagi MUI menyatakan jika melakukan vaksin tidak akan membatalkan puasa. Pada fatwa MUI No 24 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah di Bulan Ramadan dan Syawal Tahun 1442 H, puasa Ramadhan harus dijalankan sebagai ikhtiar untuk mengatasi wabah COVID-19. Ikhtiar itu, bisa dilakukan secara lahir dan batin.

Ikhtiar lahir dengan terus menjaga protokol kesehatan dalam melaksanakan ibadah, seperti pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan. Demikian juga vaksinasi sebagai upaya mewujudkan herd immunity.

Seperti di Sentra Vaksinasi BUMN di Grand City Mal, Surabaya. Peserta dari pegawai BUMN se-Jatim masih banyak yang mengikuti proses vaksinasi.

Dari pantauan detikcom, di get entry HC Center animo peserta tinggi. Di antrean registrasi ulang terlihat banyak peserta mengantre berdiri dan juga duduk menunggu dipanggil untuk ke meja 1 sebelum divaksinasi.

Salah satu pegawai BUMN Gresik Kusnul Yachin (53) sudah mempersiapkan diri sebelum divaksin. Apalagi vaksin sudah ditetapkan tidak membatalkan puasa pertamanya.

Simak Video "Kemenkes: Vaksinasi Tidak Membatalkan Puasa Ramadhan":

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2