Suara dan Harapan Warga Jatim Bisa Mudik Lebaran 2021

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 12 Apr 2021 18:40 WIB
Poster
Ilustrasi mudik (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Surabaya -

Sejumlah masyarakat Jatim berharap bisa mudik lebaran 2021. Hal ini untuk mengobati kerinduan pada keluarga di kampung halaman. Namun, pemerintah telah mengeluarkan larangan mudik. Baik mudik luar kota atau kawasan aglomerasi alias mudik lokal.

Salah satu warga, Rina Novaria (33) warga Sidoarjo ini mengaku meski sudah pulang kampung ke Gresik bulan lalu, namun tak lengkap jika tidak berkumpul saat lebaran. Jika dilarang mudik, itu berarti sudah dua kali lebaran ini dirinya tidak bisa berkumpul.

"Maret kemarin habis pulang sih, tapi kalau pas lebaran nggak pulang lagi kan kasian bapak ibu di kampung. Lagian deket (Di Gresik) masak ya nggak boleh mudik," ujar Ria, sapaan akrabnya kepada detikcom di Surabaya, Senin (12/4/2021).

Senada dengan Ria, Ifa Rahmawati (37) warga Surabaya mengaku orang tua di kampung halamannya di Tuban, kerap menelefon dan berharap bisa berkumpul saat lebaran. Namun perihal mudik atau tidak, ibu rumah tangga ini masih mengikuti apa kata suami nanti.

"Pengennya mudik sih. Tapi masih apa kata suami aja, soalnya kan suami pegawai ya, kalau nekat mudik takutnya dapet sanksi dari kantor," tambah Ifa.

Sementara Fajar Ardiansyah (27) yang sehari-hari bekerja di Surabaya mengatakan dirinya tahun ini berencana mudik ke Lamongan. Sebab tahun lalu, Fajar mengaku tidak bisa mudik karena larangan pemerintah.

Selanjutnya
Halaman
1 2