Pemkab Trenggalek dan Petugas Gabungan Sigap Bantu Korban Gempa Malang

Adhar Muttaqi - detikNews
Minggu, 11 Apr 2021 14:51 WIB
Trenggalek -

Kabupaten Trenggalek menjadi lokasi terdampak gempa Malang, Sabtu (10/4) dan Minggu (11/4/2021). Pemkab Trenggalek pun meminta bantuan ke Pemprov Jatim dan pemerintah pusat untuk proses penanganan pasca gempa bumi.

"Tadi malam Ibu Gubernur memerintahkan para sekretaris daerah, selaku kepala BPBD untuk mengkoordinir seluruh akibat bencana yang terjadi dan segera melaporkan. Sehingga nanti ada bantuan dalam bentuk Biaya Tidak Terduga (BTT)," kata Sekda Trenggalek, Joko Irianto, Minggu (11/4/2021).

Pengajuan bantuan ke provinsi disetujui Gubernur Khofifah. Rencana bantuan anggaran dari BTT akan disinergikan dengan anggaran serupa dari pemerintah daerah. "Kami juga ada dana BTT yang disiapkan," ujarnya.

Anggaran tersebut akan didistribusikan untuk penanganan dampak gempa bumi Malang yang juga dirasakan Trenggalek, terutama kerusakan parah pada bangunan.

"Makanya ini nanti kalau hanya kerusakan ringan, misalkan genting rontok ya langsung diatasi. Kalau yang lain, misalkan bagian depan kantor Kecamatan Durenan akan dialihkan untuk diatasi (dengan BTT)," jelasnya.

Joko menyebutkan, dari pendataan sementara beberapa perkantoran yang rusak, seperti kantor Desa Siki dan kantor Kecamatan Durenan secara konstruksi dinilai masih aman. "Jadi kalau yang kantor-kantor pemerintah tidak ada yang membahayakan, kecuali untuk bangunan sekolah yang runtuh itu memang harus diperbaiki," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2