Ribuan Sachet Jamu Racik dan Obat Kadaluarsa Dimusnahkan di Lamongan

Eko Sudjarwo - detikNews
Jumat, 09 Apr 2021 14:50 WIB
Ribuan Sachet Jamu Racik dan Obat Kadaluarsa Dimusnahkan
Pemusnahan barang bukti (Foto: Eko Sudjarwo/detikcom)
Lamongan - Ribuan sachet dan puluhan botol jamu racik dimusnahkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Lamongan. Selain jamu racik, Kejari Lamongan juga memusnahkan barang bukti ratusan butir obat kadaluarsa.

Kepala Kejari Lamongan Agus Setiadi mengatakan, pihaknya hari ini memusnahkan sejumlah barang bukti dari tindak pidana umum yang telah memiliki kekuatan hukum tetap atau inkracht. Jamu racik yang dimusnahkan sebanyak 12 botol dan 8.380 sachet.

"Untuk pemusnahan jamu racik ini ada terdiri dari 2 perkara dan sudah mendapat putusan tetap dari pengadilan," kata Agus Setiadi kepada wartawan usai pemusnahan barang bukti di halaman kantor Kejari Lamongan, Jumat (9/4/2021).

Selain ribuan sachet jamu racik, lanjut Agus, pihaknya juga memusnahkan ratusan butir obat kadaluarsa, sebanyak 212 butir dari 1 perkara yang juga sudah memiliki kekuatan hukum tetap. Pihaknya juga memusnahkan 93 lembar uang palsu dengan nilai perlembarnya Rp 100 ribu dari 1 perkara dan perkara terbanyak yang barang buktinya dimusnahkan adalah handphone berbagai merk berasal dari 35 perkara.

"Ini adalah perkara yang kami tangani telah inkracht dari November 2020 sampai dengan Maret 2021," tandasnya.

Barang bukti lain yang pemusnahannya juga disaksikan polisi ini di antaranya narkotika golongan 1 yaitu sabu sebanyak 139 gram dari 35 perkara, pil doubel L sebanyak 1.196 butir dari 11 perkara, ganja dan minuman keras jenis arak. Diperkirakan, barang bukti yang dimusnahkan ini senilai jutaan rupiah.

"Dominasi hampir sama dengan daerah-daerah lain, yaitu penyalahgunaan obat dan narkoba," jelasnya. (fat/fat)