Mudik Lebaran 2021 Dilarang, PNS Setuju Meski Kangen Kampung Halaman

Faiq Azmi - detikNews
Kamis, 08 Apr 2021 08:09 WIB
Syarat Mudik 2021
Foto: Syarat Mudik 2021 (Fauzan Kamil/Infografis detikcom)
Surabaya -

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo resmi melarang pegawai negeri sipil/aparatur sipil negara (PNS/ASN) mudik Lebaran 2021. Tujuannya menekan penyebaran COVID-19.

Salah satu PNS di Surabaya, Firmansyah mengaku tidak mempermasalahkan aturan tersebut. Menurutnya, silaturahmi dengan keluarga bisa dilakukan dengan media daring/online.

"Mendukung, apalagi kita ini ada di Kota ya. Kalau balik ke desa takutnya bawa virus, kebetulan desa saya Madura, nanti takut bawa Corona ke sana kalau mudik," ujarnya saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (8/4/2021).

Selain itu, ia larangan mudik juga memberi berkah kepada PNS. Pasalnya, kesejahteraan PNS saat ini menurun, karena banyaknya tunjangan yang dipotong.

"Ada berkahnya, selain tidak bawa virus, juga bisa berhemat. PNS sekarang tipis kantongnya, kalau pulang kampung otomatis pasti bawa ini, itu, beli sesuatu, juga nyangoni. Diambil hikmahnya saja," terang PNS di Bakorwil IV Pemprov Jatim ini.

Sementara PNS lainnya, Joko Bramono Susilo mendukung keputusan pemerintah. Meski dia merasa sedih, karena sudah dua kali lebaran tidak mudik ke kampung halaman.

"Pada intinya kita mendukung, karena untuk kebaikan bersama. Memang berat rasanya 2 kali lebaran tidak bisa berkumpul dengan semua keluarga. Semoga semuanya menjadi lebih baik ke depannya dan bumi semakin sehat," ungkap PNS di Biro Administrasi Pimpinan Pemprov Jatim ini.

Simak Video: Macam-macam Alasan Pemerintah Larang Mudik Lebaran 2021

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2