Sampel Kerangka 3 Wanita di Situs Kumitir Dikirim ke Australia

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 05 Apr 2021 21:16 WIB
Tim Ekskavasi dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim menemukan tiga kerangka manusia di Situs Kumitir, Kabupaten Mojokerto. Pakar Antropologi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya meneliti ketiga kerangka manusia tersebut.
Kerangka manusia yang ditemukan di Situs Kumitir Mojokerto/Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom

Serpihan tulang belulang diperkirakan jasad perempuan berusia di bawah 30 tahun. Sedangkan temuan tengkorak saja diprediksi jasad perempuan yang usianya di bawah 20 tahun.

Kerangka perempuan yang relatif utuh ditemukan dalam kondisi tidak wajar. Jasad ini terkubur dengan posisi tengkurap, kepala di utara, kaki di selatan. Posisi ini tidak lazim untuk jasad Muslim.

Situs Kumitir diyakini sebagai sisa-sisa istana Bhre Wengker, Paman Raja Majapahit Hayam Wuruk. Hipotesis itu berdasarkan berbagai temuan arkeologis dan literatur yang diperoleh tim ekskavasi.

Situs Kumitir juga diyakini menjadi tempat pendarmaan atau tempat menghormati Mahesa Cempaka, salah seorang raja bawahan Singosari. Bhre Wengker konon membangun tempat suci untuk menghormati leluhurnya, Mahesa Cempaka di dalam istananya yang kini menjadi Situs Kumitir.


(sun/bdh)