BMKG Maritim Imbau Nelayan Waspada Gelombang Tinggi Dampak Siklon Tropis

Amir Baihaqi - detikNews
Sabtu, 03 Apr 2021 18:35 WIB
BMKG Maritim
BMKG Maritim Tanjung Perak (Foto file: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

BMKG Maritim Stasiun Tanjung Perak mengimbau masyarakat waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang diakibatkan bibit siklon tropis. Hal itu diperkirakan terjadi tanggal 7 hingga 10 April ke depan.

Prakirawan BMKG Maritim Stasiun Tanjung Perak Ady Hermanto mengatakan meski bibit siklon tropis tidak melewati Indonesia. Namun dampak cuaca ekstremny sudah terasa sejak dini.

"Bibit siklonnya menjauhi wilayah Indonesia. Namun potensinya sudah terasa di Selatan Jatim dan beberapa wilayah lainnya," ungkap Ady kepada detikcom, Sabtu ((3/4/2021).

"Memang kondisinya secara tidak langsung kita kena imbasnya angin kencang di beberapa wilayah, terutama beberapa wilayah selatan Jatim," terang Ady.

Sedangkan untuk ketinggian gelombang laut, lanjut Ady, ia menyebut akan terjadi kenaikan di laut utara dan selatan Jawa sekitar3 sampai 5 meter. Kenaikan gelombang itu akan terjadi pada tanggal 7 hingga 10 April mendatang.

"Kemudian untuk ketinggian gelombang memang ada potensi kenaikan mulai tanggal 7 untuk laut Jawa mencapai 3 meter. Untuk selatan Jatim bisa mencapai 5 meter," beber Ady.

Selanjutnya
Halaman
1 2