Mudahkan Lansia, Pemkot Malang Gelar Vaksinasi Drive Thru

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 01 Apr 2021 21:29 WIB
Mudahkan Lansia, Pemkot Malang Gelar Vaksinasi Drive Thru
Vaksinasi lansia drive thru (Foto: Muhammad Aminudin/detikcom)
Malang -

Bersamaan peringatan HUT ke 107 tahun Kota Malang, Pemkot Malang melaunching vaksinasi drive thru bagi lansia. Vaksinasi digelar di halaman parkir belakang Balai Kota Malang.

Sebelumnya, para lansia telah mendaftar melalui website vaksinlansia.malangkota.go.id. Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan, vaksinasi dengan model drive thru untuk memudahkan masyarakat, utamanya para lansia agar lebih nyaman.

Dalam pelaksanaannya, para lansia cukup diantarkan dengan menggunakan kendaraan roda 4 atau roda 2. Kemudian tidak perlu turun, nantinya petugas yang akan menghampiri di masing-masing pos. Mulai dari, pos regristasi, skrining kesehatan, penyuntikan, hingga ke meja observasi.

"Drive thru itu bukan hanya kemudahan saja tapi menunjukkan bahwa vaksin itu tidak berbahaya dan tak perlu ditakuti. Jadi, selain menujukkan kemudahan kita viralkan bahwa vaksin tidak membahayakan," ujarnya.

Melalui vaksinasi kali ini, lanjut Sutiaji, Kota Malang telah siap menerima vaksin dengan masyarakatnya juga memiliki kesadaran tinggi jika vaksin itu penting.

"Kami ingin program vaksinasi ini dipercepat, kami akan kerjasama dengan halodoc. Ke depan akan kita gelar secara bertahap dengan titik yang berbeda, dalam waktu dekat mungkin di GOR Ken Arok," tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif menyampaikan untuk vaksinasi drive thru lansia ini sementara hanya digelar bersamaan dengan HUT Kota Malang ke-107.

Dinas Kesehatan hanya menyediakan 80 vial vaksinasi yang nantinya bisa diterima di seluruh fasilitas kesehatan di Kota Malang, baik puskesmas, rumah sakit, maupun klinik.

"Untuk vaksinasi lansia yang hari ini terbagi dalam sistem drive thru sebanyak 80 kuota. Kemudian, sekitar 220-an berada di RS Lavalette," paparnya.

Husnul menambahkan, lansia yang tak terakomodir vaksinasi hari ini, bisa mendaftar di puskesmas masing-masing.

"Untuk pelaksanaannya, menyesuaikan dengan dosis atau quota yang dikirim dari pusat," pungkasnya.

Lihat Video "Kata Lansia Diantar-Jemput Vaksinasi Pakai Bus Sekolah: Membantu!"

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)