Ini Barang Bukti yang Diamankan dari Dua Terduga Teroris di Jatim

Hilda Meilisa - detikNews
Rabu, 31 Mar 2021 13:15 WIB
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya -

Dua terduga teroris diamankan Densus 88 di Tulungagung dan Nganjuk. Sejumlah barang bukti juga diamankan dari hasil penggeledahan.

"Benar telah dilakukan penangkapan terhadap dua terduga teroris oleh Densus 88 Mabes Polri dibantu jajaran Polda Jatim yang dilakukan pada Hari Selasa tanggal 30 Maret 2021 di dua lokasi yang pertama di Tulungagung, yang kedua di Nganjuk," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko saat konferensi pers di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Rabu (31/3/2021).

"Untuk penangkapan di daerah Tulungagung diamankan seorang terduga teroris berinisial NMR yang dilakukan penangkapan sekitar pukul 14.30 WIB di Kecamatan Rejotangan Tulungagung. Kemudian di Nganjuk berhasil diamankan satu orang terduga teroris berinisial LAM," imbuhnya.

Dari penangkapan ini, kata Gatot, pihaknya mengamankan sejumlah barang bukti. Dari terduga teroris di Tulungagung, NMR, diamankan dua senjata api.

"Dari terduga teroris yang diamankan itu, diamankan juga beberapa barang bukti diantaranya dua pucuk senjata api rakitan," ungkap Gatot.

Sedangkan dari terduga teroris di Nganjuk, LAM, diamankan buku fiqih berisi ajaran jihad. "Terduga teroris berinisial LAM dengan BB di antaranya satu buku fiqih jihad," tambah Gatot.

Sebelumnya, Gatot menyebut dua terduga teroris yang diamankan ini merupakan kelompok jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

"Dari hasil informasi yang kami terima, kedua teroris tersebut merupakan jaringan kelompok radikal JAD," ujar Gatot.

Gatot menambahkan dua terduga teroris yang diamankan ini juga berkaitan dengan kejadian di Makassar. "Kaitannya ada dengan kejadian yang ada di Makassar," pungkasnya.

(hil/iwd)