Kebakaran Tangki Balongan, Suplai BBM Pertamina MOR V Jatimbalinus Tak Berdampak

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 14:14 WIB
Kilang minyak Pertamina di Balongan, Indramayu terbakar pada Senin (29/3/2021) dini hari. Hingga siang ini, asap hitam masih terlihat membubung dari kilang yang terbakar.
Masih ada asap di lokasi tangki kilang Balongan (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Surabaya -

Tangki kilang minyak milik PT Pertamina Refinery Unit (RU) IV Balongan Indramayu, Jawa Barat mengalami insiden kebakaran dini hari tadi. Meski begitu, tidak berdampak pada suplai bahan bakar di Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V wilayah Jatimbalinus.

"Untuk dampak terhadap supply tidak ada, distribusi masih normal," kata Section Head Communication Pertamina MOR V Ahad Rahedi saat dikonfirmasi detikcom di Surabaya, Senin (29/3/2021).

Ahad mengatakan bahan bakar di wilayah MOR V biasanya disuplai dari sejumlah kilang minyak. Untuk itu, stok dan distribusinya masih normal dan tidak ada kendala.

"Untuk fuel terminal di Jatimbalinus supply sebagian besar dari Refinery Unit IV Cilacap, Refinery Unit V Balikpapan, dan TPPI Tuban, sampai sekarang suplai normal dan tidak ada kendala," tandasnya.

Sebelumnya, Kebakaran terjadi di Kilang Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Kebakaran Pertamina Indramayu ini terjadi di tangki T-301G sekitar pukul 00.45 WIB.

Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri mengatakan dugaan sementara penyebab kebakaran kilang Balongan karena terjadinya kebocoran. Saat itu, lanjut Dofiri, kondisi cuaca tengah hujan disertai petir.

"Awalnya ada rembesan. Ada kebocoran tangki dan sedang dalam penanganan. Kemudian ada petir yang menyambar, apakah karena petir atau apa, kita belum tahu kepastiannya," kata Dofiri kepada awak media di lokasi kejadian.

Simak Video: Kebakaran Kilang di Balongan, Pertamina Pastikan Suplai BBM Aman

[Gambas:Video 20detik]



(hil/fat)