Dewan Masjid Jatim Ingatkan Shalat Tarawih Digelar dengan Prokes Ketat

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 13:01 WIB
Gubernur Khofifah Indar Parawansa salat gaib untuk almarhum Presiden ketiga RI, BJ Habibie di Masjid Al Akbar Surabaya. Usai salat gaib, Khofifah kemudian mengenang bagaimana sosok Habibie.
Ilustrasi (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya -

Meski sebagian besar warga sudah menjalani vaksinasi, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jawa Timur tetap mengingatkan pengurus masjid memperketat penerapan protokol kesehatan (Prokes) di tempat ibadah. Hal ini agar masyarakat bisa merasa aman dan nyaman saat beribadah saat menjalankan puasa Ramadhan 2021.

Ketua DMI Jatim KH M Roziqi mengimbau para pengurus masjid bisa menyiapkan sejumlah prokes. Misalnya tempat cuci tangan di area masjid hingga menjaga jarak saf para jemaah saat beribadah shalat wajib hingga tarawih.

Roziqi mengatakan shalat tarawih berjemaah di masjid bisa digelar asal menerapkan prokes ketat.

"Shalatnya seperti biasa, yang penting tetap menegakkan protokol kesehatan, pakai masker, menjaga jarak. Kita imbau boleh melakukan tarawih tapi tetap prokes harus ditegakkan," kata Roziqi saat dihubungi detikcom di Surabaya, Senin (29/3/2021).

"Nanti kita imbau lagi dalam rangka menyambut ramadhan, silakan menggelar tarawih. Tidak ada larangan, yang penting prokesnya jangan dilupakan," imbuhnya.

Sementara Roziqi mengatakan sejumlah imam dan marbot masjid di Jatim telah mendapatkan vaksin. Data terakhir, ada 600 imam dan marbot yang telah mendapatkan vaksin.

"Data lengkapnya ada di Masjid Al Akbar sudah 600an imam dan marbot yang sudah divaksin," ungkap Roziqi.

Di kesempatan yang sama, Roziqi berharap ketersediaan vaksin yang diperuntukkan pada imam dan marbot cukup. Agar pelayan masyarakat bisa lebih terlindungi dan lebih tenang dalam menjalankan ibadah.

"Ke depannya ya tergantung ketersediaan vaksinnya. Karena yang daftar banyak, semuanya kepingin divaksin. Cuma ada keterbatasan vaksinnya. Lalu DMI di daerah-daerah juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerahnya masing-masing. Terutama Kota Surabaya, pemerintah kotanya sangat care," pungkasnya.

Tonton juga Video: Belajar Salat Tarawih di Rumah Bareng Luna Maya

[Gambas:Video 20detik]



(hil/fat)