Mengintip Tempat Peristirahatan Bung Karno di Kebun Kopi Karanganyar Blitar

Erliana Riady - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 08:31 WIB
Mengintip Kamar Bung Karno di Kebun Kopi Karanganyar Blitar
Tempat istirahat Bung Karno di Kebun Kopi Blitar (Foto: Erliana Riady/detikcom)
Blitar -

Rekam jejak perjalanan Bung Karno (BK) ada di Kebun Kopi Karanganyar, Nglegok. Sebuah kamar tempatnya beristirahat, saat ini bisa diintip para pelancong lengkap dengan beberapa benda milik Presiden RI pertama ini.

Kamar berukuran 4x4 meter ini terletak di dalam Roemah Lodji De Karanganjar Koffieplantage. Sebuah kebun kopi yang terletak di Desa Modangan. Tepatnya di ketinggian sekitar 800 mdpl lereng Gunung Kelud.

Kamar BK berada di sisi kiri depan, setelah memasuki pintu utama rumah. Dengan cat berwarna krem, tampak lukisan acrylic Bung Karno dipajang tepat menghadap pintu. Lukisan yang tampak hidup ini merupakan karya Satriyoko atau Seger. Seorang pelukis Blitar yang tinggal di Bali. Lukisan itu dibuat tahun 2011 lalu, saat memperingati 110 tahun kelahiran Bung Karno.

Kemudian terdapat sebuah dipan kayu berukuran 2x2 meter dengan kasur yang tertutup bed cover merah putih, menambah terasa magis atmosfer kamar, meski hanya melihat dari luar ruangan. Sebuah sofa dan meja antik ada di sisi barat tempat tidur, dilengkapi sebuah patung setengah badan BK berwarna keperakan.

Sementara di atas tempat tidur, lambang Garuda Pancasila terpatri di dinding kamar. Detikcom sangat penasaran dengan dua buah benda yang disimpan di dalam almari kaca, tepat di sisi kanan tempat tidur.

Dari jauh terlihat semacam tongkat atau senjata. Di sebelah kanannya, topi berwarna krem berbentuk vintage, identik dengan topi yang jamak dipakai para bangsawan di zaman kolonial Belanda.

Lihat juga video 'Renovasi Sarinah dan Fakta Relief 'Bung Karno'':

[Gambas:Video 20detik]