Menteri BUMN Sebut Bom Bunuh Diri di Makassar Bisa Ganggu Vaksinasi

Faiq Azmi - detikNews
Minggu, 28 Mar 2021 17:23 WIB
menteri bumn erick thohir
Menteri BUMN Erick Thohir meninjau vaksinasi di Surabaya (Foto: Faiq Azmi)
Surabaya -

Menteri BUMN Erick Thohir prihatin atas kejadian bom bunuh diri yang terjadi di Gereja Katedral Makassar. Erick menyebut kejadian pemboman di Makassar bisa mengganggu vaksinasi.

"Dan tentu juga hari ini saya ingin mengucapkan juga hal-hal yang tentu kita ketahui hari ini, ada peristiwa bom. Sangat prihatin kami. Apalagi di kala COVID-19 ini, di mana juga masyarakat sekarang lagi serba kesulitan," ujar Erick usai meninjau sentra vaksinasi di Surabaya, Minggu (28/3/2021).

Erick Thohir menilai bom bunuh diri di Makassar bisa mengganggu program vaksinasi. Mengingat peristiwa bom bunuh diri bisa membuat masyarakat merasa takut.

"Apalagi ini juga bisa mengganggu program vaksinasi. Masyarakat tentu ada rasa ketakutan kalau nanti program vaksinasinya ikut terganggu," imbuhnya.

Erick Thohir meminta seluruh pihak untuk menahan diri saat pandemi COVID-19 masih berlangsung. Saat ini, pemerintah tengah fokus menyelesaikan vaksinasi dan membangkitkan ekonomi warga.

"Dan saya tentu menginginkan, ya semua pihak harus menahan, karena pandemi ini masih berlangsung. Program vaksinasi masih berlangsung. Jadi Mohon dengan hormat, pihak-pihak tertentu menahan diri lah. Karena ini bener-bener kondisi yang tidak menguntungkan," tegasnya.

"Juga bangsa Indonesia, kita masih melawan pandemi, dan juga ekonominya kita sendiri terus masih mendapat gangguan bagaimana kita bisa menstabilkan. Ini yang saya harapkan, pihak-pihak tertentu menahan diri, supaya ini bisa berjalan baik," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, bom bunuh diri terjadi di depan Gereja Katedral Makassar pada pukul 10.20 WITA. Ledakan tersebut terjadi usai gelaran misa Minggu Palma selesai digelar di Gereja Katedral Makassar.

Pelaku bom bunuh diri diduga 2 orang dengan menggunakan sepeda motor. Pelaku sempat dicegah sekuriti Gereja Katedral Makassar saat akan masuk ke pelataran gereja.

Akibat peristiwa itu, 14 orang terluka yang terdiri dari sekuriti hingga jemaat Gereja Katedral Makassar. Sementara, 1 pelaku dipastikan tewas.

Simak Video: Sekuriti Gereja Katedral Sempat Cegah 2 Pelaku Bom

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)