Pendaki Gunung Lawu Dievakuasi Tim SAR Karena Fisik Drop

Sugeng Harianto - detikNews
Minggu, 28 Mar 2021 00:17 WIB
Gunung Lawu Via Cemoro Sewu
Gunung Lawu Via Cemoro Sewu/Foto: Sugeng Harianto
Magetan -

Seorang pendaki Gunung Lawu dievakuasi oleh Tim SAR dan relawan karena fisiknya drop. Ia yakni Fauzi (50) asal Lamongan.

"Alhamdulillah korban pendaki asal Lamongan dapat dilakukan evakuasi dengan selamat oleh Tim SAR dan relawan PGL, dan dirawat di Puskesmas Plaosan," ujar Kapolsek Plaosan, AKP Munir, saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (27/3/2021).

Pendaki itu, kata Munir, dievakuasi turun ke Cemoro Sewu sekitar pukul 22.00 WIB pada Jumat (26/3). Pendaki itu tidak kuat melanjutkan pendakian saat baru sampai di pos lima atau Sendang Drajat.

"Korban mengalami drop fisik nyeri di dada kiri atas, tekanan darah 140/80 suhu normal 36,5 celsius. Tidak kuat melanjutkan perjalanan ke puncak saat sampai di pos lima Sendang Drajat. Akhirnya tim mengevakuasi turun ke pos pintu masuk Cemoro Sewu," kata Munir.

Munir mengatakan, Fauzi melakukan pendakian bersama sembilan pendaki pada Hari Selasa (23/3). Kini kondisinya sudah membaik dan pulang dari Puskesmas Plaosan.

"Rombongan total ada 10 pendaki yang berangkat naik pada 23 Maret kemarin dan saat ini semua rombongan sudah turun," pungkasnya.

(sun/bdh)