Pemkot Malang Isyaratkan Segera Buka Izin Konser Musik

Muhammad Aminudin - detikNews
Senin, 22 Mar 2021 16:23 WIB
Wali Kota Malang Sutiaji
Wali Kota Malang Sutiaji (Foto: Muhammad Aminudin/File)
Jakarta -

Wali Kota Malang Sutiaji mengisyaratkan bakal membuka izin untuk pagelaran konser musik offline di Kota Malang. Hal tersebut menyusul pemberian lampu hijau dari Kemenparekraf dan Polri tentang penyelenggaraan event musik.

"Saya dengan Gubernur Jawa Timur insyaallah kami akan mengizinkan penyelenggaraan event musik di Kota Malang," kata Sutiaji kepada wartawan, Senin (22/3/2021).

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan para event organizer (EO). Itu untuk membahas mekanisme-mekanisme pelaksanaan konser luring di masa pandemi.

"Ketentuannya kami sudah komunikasi dengan para EO. Misalnya penonton atau seniman dari luar Malang, dia harus menunjukkan rapid antigen. Kalau dari internal tetap pakai prokes COVID-19," bebernya.

Saat manggung, para personil hanya boleh menggunakan satu alat musik saja. Misalnya penggunaan michrophone tidak boleh bergantian.

"Terus bagi yang main, harus sudah sudah tes rapid antigen. Alat-alatnya tidak boleh gantian. Kalau tampil juga tetap pakai face shield," ujar Sutiaji.

Sutiaji menegaskan bahwa pengetatan prokes adalah yang utama. Begitu juga dengan penonton harus tetap taat prokes.

"Nontonnya juga harus phsycal distancing, tidak boleh jingkrak-jingkrak. Terjadi gesekan itu tidak boleh," terang orang nomor satu di Pemkot Malang itu.

Meski sudah memberi lampu hijau. Sutiaji mengatakan hingga sekarang belum ada EO yang mengajukan izin pementasan konser musik.

(iwd/iwd)