Warga Lereng Semeru Peringati Hari Air Sedunia dengan Tanam Pohon

lumajang - detikNews
Senin, 22 Mar 2021 16:14 WIB
Hari ini merupakan Hari Air Sedunia. Warga lereng Gunung Semeru bersih-bersih dan menanam pohon di sumber mata air Tirtosari.
Warga lereng Gunung Semeru bersih-bersih dan menanam pohon di sumber mata air Tirtosari/Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikcom
Lumajang -

Hari ini merupakan Hari Air Sedunia. Warga lereng Gunung Semeru bersih-bersih dan menanam pohon di sumber mata air Tirtosari.

Dengan membawa sapu dan sabit, warga membersihkan mata air di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Lumajang itu. Warga juga membawa serok untuk membersihkan daun bambu yang jatuh ke sumber mata air.

Selain bersih-bersih, warga juga melakukan penanaman pohon mahoni dan bambu di sekitar sumber mata air tersebut. Mereka berharap bisa melestarikan sumber mata air.

"Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia, kami selaku pengelola wisata alam Tirtosari menggiatkan kembali pelestarian sumber mata air ini, dengan menanam tanaman keras seperti mahoni dan bambu di Tirtosari ini. Karena sumber mata air di Tirtosari ini sangat bermanfaat untuk masyarakat," ujar Pengelola Wisata Tirtosari, Yanto kepada detikcom, Senin (22/3/2021).

Sumber mata air Tirtosari yang berada di lereng Gunung Semeru ini dimanfaatkan warga untuk wisata alam Kolam Renang Tirtosari dan memenuhi kebutuhan air bersih warga. Serta untuk irigasi lahan pertanian di sejumlah desa. Seperti Desa Penanggal, Tambahrejo, Kloposawit dan Tumpeng di Kecamatan Candipuro.

"Saya ikut menjaga kelestarian, sumber mata air ini sangat bermanfaat untuk masyarakat. Baik untuk irigasi persawahan, maupun air bersih warga," ujar warga Desa Penanggal, Reza.

"Sumber mata air Tirtosari ini tidak hanya untuk irigasi petani Desa Penanggal. Tapi sejumlah desa," pungkas Yanto.

Tonton juga Video: Memperingati Hari Air Sedunia, Banyuwangi

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)