Ketua MUI Jatim Harap Vaksin AstraZeneca Bisa Diberikan ke Santri

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 22 Mar 2021 12:22 WIB
Ketua MUI Jatim KH Hasan Mutawakkil Alallah disuntik AstraZeneca
Jokowi pantau vaksinasi di Sidoarjo (Foto file: Suparno/detikcom)
Sidoarjo -

Ketua MUI Jatim KH Mutawakkil Alallah hari ini mendapat kesempatan disuntik vaksin AstraZeneca disaksikan langsung Presiden Jokowi. Usai divaksin, Kiai Mutawakkil menyampaikan keinginannya agar para santri bisa mendapat kesempatan divaksin AstraZeneca.

Selain itu, Mantan Ketua PWNU Jatim ini juga ingin para ustadz hingga hafiz bisa mendapat kesempatan ini.

"Kami berterima kasih kepada Pak Presiden apa bila para santri, juga ustad dan ustadzah, hafiz dan hafizah bisa diberi vaksin AstraZeneca," kata Kiai Mutawakkil di Pendopo Delta Sidoarjo, Senin (22/3/2020).

Tak hanya itu, Kiai Mutawakkil menegaskan vaksin AstraZeneca terbukti aman dan halal untuk digunakan. Untuk itu, dia berharap masyarakat tak perlu ragu untuk divaksin.

"Kami bersyukur mudah-mudahan ini bisa ditiru komponen masyarakat juga," imbuh Kiai Mutawakkil.

"Tadi pagi bapak presiden telah bertemu dengan kiai sepuh dan bapak presiden langsung mendengarkan apa pendapat dan respon dari para kiai, pengasuh ponpes bahwa vaksin AstraZeneca ini hukumnya halalan dan thoyyiban dan memang seharusnya untuk dimanfaatkan," lanjutnya.

Di kesempatan yang sama, Kiai Mutawakkil juga meminta masyarakat untuk mendukung program pemerintah dalam pemberian vaksinasi.

"Program vaksinasi pemerintah ini tujuannya tidak lain untuk menjaga jiwa dan keselamatan rakyatnya. Tidak ada pemerintah yang akan mencelakakan rakyatnya sendiri. Demikian juga MUI sesuai hasil audit BPPOM dan juga hasil musyawarah komisi fatwa, hari ini akan memberikan fatwa kehalalan vaksin AstraZeneca dan keamanan penggunaannya," pungkasnya.

(hil/fat)