Ulat Bulu Teror Warga Surabaya, Bikin Anak Kecil Gatal-gatal

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 19 Mar 2021 18:50 WIB
ulat bulu
Petugas mencari kumpulan ulat bulu yang teror warga (Foto: Esti Widiyana)
Benowo -

Warga di Jalan Jugruk Rejosari 3, RT 3, RW 7, Kelurahan Kandangan, Benowo, Surabaya diteror ulat bulu. Bahkan anak-anak kecil di kampung itu menjadi korban ulat bulu. Mereka dibuat gatal-gatal di sekujur tubuh.

Seperti di rumah Lilik Supatmi (58) salah satu warga yang rumahnya dimasuki ulat bulu. Datangnya ulat bulu ini memang tidak banyak, tetapi sudah sejak Senin (15/3) lalu.

"Sampai masuk rumah, anak kecil sering kena gatal-gatal. Cepat lewatnya. Hari ini masuk lebih dari 3 ekor," kata Lilik kepada detikcom di depan rumahnya, Jumat (19/3/2021).

Akibatnya, seluruh penghuni rumah mengalami gatal-gatal selama empat hari. Lilik mengatakan, terdapat empat rumah yang dimasuki ulat bulu dari rawa-rawa yang ada di ujung gang.

ulat buluFoto: Esti Widiyana

"Cucu saya umur 2 tahun gatal-gatal soalnya dipegang, diremat, dikira kotoran. Kemungkinan dari belakang (rawa-rawa). Nggak hanya satu jenis, kemarin hitam, ini agak kecil-kecil warnanya coklat, gatal semua," jelasnya.

Sama halnya dengan Ibnu Arifin, salah satu warga yang rumahnya di samping pas rawa-rawa. Menurutnya, datangnya ulat bulu ini memang sudah biasa saat musim penghujan tiba.

Jumlah ulat yang datang pun tidak banyak, per harinya hanya satu sampai dua ekor. Namun jika kena kulit, terlebih kulit sensitif, maka gatal-gatalnya terasa hingga berhari-hari.

"Kalau musim hujan pasti ada ulat. Ulat itu kan kembang biaknya musim hujan. Hanya dua ulat bulu. Anak-anak kecil sebagian. Kena pohon rawe juga bisa, karena bulunya juga gatal," ceritanya.

Karena sudah ada hampir sepekan ini dan meresahkan warga, akhirnya teror ulat bulu ini dilaporkan kepada petugas kelurahan dan kecamatan. Sore ini sekitar pukul 15.00 WIB petugas PMK sudah melakukan penyemprotan agar tidak ada ulat bulu yang masuk rumah warga lagi.

Kasatgas Kelurahan Kandangan, Aziz Purwanto bersama petugas Satpol PP Kecamatan Benowo usai mendapati laporan langsung menuju lokasi. Mereka meninjau rumah-rumah warga yang disinggahi ulat bulu dan membuat gatal anak-anak.

"Dari kecamatan disuruh meninjau, katanya disini banyak ulat. Waktu ditinjau ada satu sampai dua ulat, hanya beberapa ekor. Nggak semua rumah. Sudah disemprot sama PMK juga tadi jam 15.00 WIB. Gatalnya juga ada yang dari pohon rawe terbang terus gatal," pungkasnya.

(iwd/iwd)