Kepala BKPM Bertemu Tiga Kepala Daerah Surabaya Raya, Ini yang Dibahas

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 12:25 WIB
kepala bkpm bahlil lahadalia
Kepala BKPM bertemu dengan tiga kepala daerah Surabaya Raya (Foto: Deny Prastyo Utomo)

"Saya lihat komitmen dari tiga kepala daerah sangat luar biasa sekali. Saya punya keyakinan, ke depan tiga daerah ini, Kota Surabaya, Sidoarjo dan Gresik semakin berkembang," ungkap Bahlil.

Bahlil menyampaikan potensi invetasi di kawasan industri JIIPE Gresik yang akan dibangun Smelter Freeport dengan nilai invetasi sebesar USD 2,8 billion

"Selama ini freeport bahan bakunya hanya terserap 30 persen di Indonesia itu di Gresik juga. Sekarang kapasitas pabriknya akan dinaikkan, kemudian yang baru lagi akan di bangun. Nah ke depan kita harapkan Indonesia akan menjadi pemain yang luar biasa terhadap bahan baku tembaga dan emas, selain dari UMKM," ungkap Bahlil.

Sedang untuk wilayah Sidoarjo, Bahlil menyampaikan pihaknya akan melakukan pemetaan potensi di kabupaten tersebut.

"Kami masih akan memetakan. Tunggu. Bulan depan kami akan rakor di sini. Rakor DPMTSP seluruh provinsi Jatim. Sehingga, bisa memetakan dengan baik," tandas Bahlil.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan bahwa tiga daerah di Surabaya raya ini tak terpisahkan.

"Tadi disampaikan Pak Menteri, bahwa semuanya terkait perizinan diberikan kemudahan untuk investasi. Saya selalu katakan, investasi di tiga daerah ini tak bisa dipisah. Kami sampaikan, JIIPE di Gresik, pemasaran, tempat perjalanannya juga di Surabaya. Sehingga, Sidoarjo-Gresik berproduksi, Surabaya akan memasarkan. Atau sebaliknya. Ini serangkaian. Kami tak bisa dipisahkan," kata Eri.

Halaman

(iwd/iwd)