Kejari Banyuwangi Komitmen Tegakkan Zona Integritas di Lingkup Kerja

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 17 Mar 2021 21:16 WIB
Kejari Banyuwangi Berkomitmen Tegakkan Zona Integritas di Lingkup Kerjanya
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Kejari Banyuwangi berkomitmen menegakkan zona integritas di wilayah internal kerjanya. Hal ini seiring dengan komitmen WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) dari Kementerian PAN dan RB.

Kejari Banyuwangi berharap masyarakat dan stakeholder terkait mengawasi jalannya kinerja aparat coklat tua ini.

"Ini merupakan tonggak sejarah bagi Kejari. Kami akan terus melakukan pembersihan di internal kami. Semoga setelah pencanangan ini, tidak ada lagi KKN. Insya Allah ini akan selalu kita jaga. Untuk itu kami membutuhkan sinergi dari banyak pihak. Terima kasih atas dukungannya terhadap kami. Semoga apa yang kami lakukan bisa menjadi contoh bagi pihak lain untuk menerapkan birokrasi yang bersih," kata Kepala Kejaksaan Negeri Banyuwangi, Mohammad Rawi saat dilakukan pencanangan zona integritas di lingkup Kejari, Rabu (17/3/2021).

Sebagai komitmennya, Kajari Banyuwangi bersama dengan forkopimda, instansi vertikal, Sekda Banyuwangi, perwakilan BUMN dan BUMD, kalangan akademisi, tokoh agama dan tokoh masyarakat membubuhkan tandatangan dukungan dan komitmen tersebut dalam sebuah banner.

Di depan Bupati Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, Kejari Banyuwangi mengaku telah melakukan berbagai langkah strategis telah telah dilakukan Kejari untuk menuju pencanangan zona integritas ini. Di antaranya setiap pegawai diminta untuk keluar dari hal-hal negatif dan tidak melakukan perbuatan tercela, serta bisa menjadi contoh bagi lingkungan dan keluarga.

"Kami mensyaratkan 6 area perubahan, di antaranya manajemen perubahan, penguatan akuntabilitas kinerja dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Tujuannya untuk membentuk aparatur kejaksaan yang bersih dan bebas KKN sehingga tercipta pelayanan prima kepada masyarakat. Bahkan apabila ada anggota kami yang kedapatan melakukan pelanggaran, laporkan pada kami, kami siap menindak lebih lanjut," tegasnya.

Kejari Banyuwangi meminta elemen masyarakat dan stakeholder terkait melakukan pengawasan terhadap kinerja Kejari Banyuwangi.